Edisi Terbatas MV Agusta F4 Claudio Resmi Diluncurkan

 134 views

Sepeda-motor.info – Pabrikan asal Italia, MV , baru-baru ini meluncurkan varian F4 Claudio. ini dihadirkan dan terbatas sebagai bentuk penghargaan kepada Claudio Castiglioni, salah satu pendiri MV Agusta, dan diklaim sebagai mahakarya (masterpiece) serta disebut sebagai ‘mimpi yang menjadi kenyataan’, baik dari segi rancang bangun, performa, serta estetika.

MV Agusta F4 Claudio – www.msn.com

Dikutip dari Visordown.com, basis mesin sepeda motor ini disediakan oleh F4 RC, cabang dari proyek F4 yang berasal dari balap ekstrem. Rev limiter ditetapkan pada 14.200 rpm, titanium con-rods memberikan rasio strength-to-weight terbaik. Crankshaft telah secara khusus seimbang dan ringan, yang dilengkapi dengan fitur desain asli seperti rantai timing sentral dan katup radial yang diatur di ruang bakar.

Dengan motor yang dikonfigurasi untuk lintasan balap, tenaga maksimum F4 Claudio adalah 212 HP (158 kW) pada putaran 13.450 rpm, dengan torsi mencapai 115 Nm (11,7 kg-m) pada putaran 9.300 rpm. Konfigurasi ‘ekstrem’ ini juga termasuk racing double exit titanium SC-Project dengan unit kontrol khusus. Dengan pengaturan standar jalan raya, daya maksimum masih menyentuh angka 205 HP (151 kW).

Untuk menyeimbangkan kekuatan yang dahsyat, pabrikan telah membekali MV Agusta F4 Claudio dengan rem mutakhir keluaran Brembo, yang hanya tersedia untuk kelas atas. Brembo Stilema 4 piston monobloc radial caliper (diameter 30 mm) digerakkan oleh pompa (juga radial). Sementara, kedua cakram depan menggunakan teknologi Brembo Racing dengan T-Drive.

Untuk sektor suspensi, garpu depan membawa model upside down dengan diameter 43 mm, yang memiliki penyesuaian manual kompresi terpisah (sisi kiri) dan rebound (sisi kanan) dan juga memungkinkan penyesuaian pegas pra-beban. Selain karakteristik teknis yang luar biasa, garpu pada F4 Claudio menampilkan gaya eksklusif dalam bentuk lengan hitam.

Penanda khusus, bisa dilihat pada knalpot yang diukir laser bertulis ‘Claudio’ di bagian muffler. Memiliki DNA balap, sistem elektronik MV Agusta F4 Claudio memberikan empat mode berkendara, mencakup Normal, Sport, Rain dan Custom. Sayangnya, hingga berita ini tayang, MV Agusta belum merilis secara resmi harga sepeda motor spesial ini.

   
Penulis: