Motor 250cc yang Bakal Dirilis Tahun 2016

 3157 views

Bagi Anda, penggemar berkubikasi 250cc, segera siapkan tabungan Anda. Pasalnya, di tahun 2016 ini, setidaknya ada empat berkapasitas 250cc yang akan segera mengaspal di jalanan. Apa saja -motor tersebut? Berikut rinciannya.

Honda CBR250RR

Honda CBR250RR

Inilah kuda besi pabrikan Honda. Diperkenalkan pertama kali pada ajang Tokyo Motor Show tahun 2015 lalu, Honda CBR250RR digadang-gadang bakal menjadi penantang utama Ninja 250FI milik Kawasaki dan R25 kepunyaan .

Selain itu, CBR250RR juga disiapkan sebagai pengganti posisi CBR250R satu silinder. Pasalnya, menurut data AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) CBR250R nyaris tak laku dalam hal penjualan.

CBR250RR kabarnya akan mengusung dua silinder Twin cam, berkapasitas 250cc, DOHC, dengan 8-klep. Rumornya, motor ini mampu memuntahkan tenaga hingga 37 hp dan torsi mencapai 24 Nm. Selain itu, motor ini juga akan membawa konsep Light Weight Sports Concept, agar menciptakan satu model yang benar-benar baru demi daya saing.

Belum ada kejelasan tentang kapan tepatnya motor ini akan dirilis di pasar Tanah Air. Namun, rumor yang berkembang menyebutkan, Honda CBR250RR akan diproduksi di Indonesia pada awal semester kedua 2016, sekitar bulan Juli atau awal Agustus

Yamaha YZF-R25R

Motor berkapasitas mesin 250cc lainnya yang kabarnya bakal dirilis tahun ini adalah YZF-R25R. Motor besutan Yamaha ini akan tampil lebih segar dengan gaya bernuansa Eropa yang kental berkat tarikan garis yang lebih banyak dan lebih bersinambung dengan fokus melandai dari ke tangki.

Gosipnya lagi, Yamaha YZF-R25R akan mengusung suspensi depan Up Side Down (USD) seperti yang diterapkan pada Yamaha M-Slaz di Thailand. Namun sayang, belum ada informasi resmi apakah motor ini nantinya akan dipasarkan juga di Tanah Air.

New Kawasaki Ninja 250R

Persaingan yang ketat di segmen 250cc, khususnya kehadiran Yamaha YZF-R25, membuat Kawasaki tak tinggal diam. Kabarnya, pabrikan asal Jepang tersebut juga akan menghadirkan versi terbaru Ninja 250 untuk menahan gempuran YZF-R25.

Meski masih berstatus sebagai market leader untuk pasar 250cc, namun Kawasaki tak main-main dalam menyiapkan Ninja 250 versi terbaru. Untuk meredam para pesaingnya, motor sport terbaru ini kabarnya juga akan dibekali mesin 4 silinder segaris dengan yang jauh berbeda dari saat ini. Di samping itu, lampu depan tampaknya akan mengusung lebih sipit dan agresif.

GSX-R250

Satu lagi motor sport berkapasitas mesin 250cc yang kabarnya akan meluncur tahun ini, yaitu Suzuki GSX-250R. Bahkan, kabar kehadiran motor ini semakin santer setelah pada akhir tahun lalu, penampakan motor ini beredar luas, yang disebut sedang diproduksi di Haojue, Changzhou, Cina, yang juga merupakan tempat produksi Suzuki Inazuma 250.

Rencananya, motor ini akan resmi diperkenalkan di Auto Expo 2016 yang akan berlangsung pada bulan Februari di Greater Noida, India. Secara sekilas, tampilan GSX-250R mirip Gixxer India, terutama pada desain speedometer. Sementara, setang dengan jepit clip-on dan split seat seperti Yamaha R15.

Untuk sektor dapur pacu, GSX-250 R kabarnya akan mengusung mesin yang sama dengan Inazuma 250, yaitu berkapasitas 248cc, Twin cylinder, SOHC, liquid cooled, dan bersistem transmisi 6 percepatan. Jika Yamaha R25 yang mengusung mesin DOHC 250cc masih kewalahan menghadapi Ninja 250FI dalam hal penjualan, bagaimana dengan motor ini? Kita tunggu saja.

   
Penulis: