10 Motor Ayago yang Pernah Mengaspal di Indonesia

 5232 views

Ketika menyebut nama Ayago, pasti perhatian para bikers langsung tertuju pada dan New Sonic 150 cc. Padahal, Indonesia juga pernah kedatangan beberapa jantan lain yang kebanyakan diimport secara CBU dari luar negeri.

Siapa sajakah mereka? Berikut akan kami ulas secara singkat satu-per satu.

Yamaha

Yamaha Champ

berkubikasi 100cc dengan basis bodi Yamaha Alfa ini pertama muncul pada tahun 1989 dan sempat eksis hingga digandrungi kalangan muda di Indonesia.

Yamaha Tiara

Motor 2 tak dengan mesin 120 cc ini diimport secara CBU dari Thailand dan dipasarkan sekitar tahun 2000-an.

Suzuki

Suzuki Sprinter

Bermesin 2 tak dengan teknologi jet cooled, Suzuki Sprinter telah lahir pada era 80-an. Desainnya yang sporty membuat ayago 100cc ini sempat mencuri perhatian para penggila kala itu.

Suzuki RK Cool

Suzuki RK Cool pertama kali rilis pada tahun 2002. Motor yang didatangkan secara CBU dari Thailand ini menggendong mesin berkapasitas 110cc.

Suzuki Raider 125

Motor bermesin DOHC 4-tak dengan kubikasi 125cc ini dianggap sebagai cikal bakal lahirnya Suzuki Satria.

Suzuki Satria 150FU

Suzuki Satria 150 cc awalnya diimpor via CBU dari Thailand pada tahun 2004. Motor yang masih merajai pasar ayago tanah air ini dipersenjatai mesin DOHC 4-tak 150cc yang mampu memberikan akselerasi sedahsyat motor-motor 2 tak.

Kawasaki

Kawasaki Leo

Kawasaki Leo dianggap cukup langka karena hanya didatangkan secara CBU ke Indonesia. Meski hanya menggendong mesin berkubikasi 120 cc, Leo mampu mencapai top speed hingga 185 km/jam.

Kawasaki Athlete

Generasi ayago selanjutnya dari Kawasaki adalah Athlete yang mengusung mesin 4-tak bervolume 125cc. Sayangnya, penjualan motor ini tak terlalu bergairah di tanah air.

Honda

Honda Nova Dash

Motor bermesin 2-tak 125cc ini lahir di tahun 1998, yakni hampir bersamaan dengan Yamaha Tiara. Dsain sporty-nya kala itu mampu menarik perhatian para biker tanah air.

New Honda Nova Dash

Kesuksesan penjualan Nova Dash membuat Honda menciptakan facelift yang diberi nama New Honda Nova Dash. Motor ini hadir di tahun 2000 dengan penyegaran striping ala Honda NSR-SP.

Honda Sonic125

Honda Sonic 125 merupakan cikal bakal dari New Sonic150R. Motor ini dibekali mesin 4-tak 125cc SOHC water cooled sengan kompresi yang cukup besar, yakni 11:1.

New Honda Sonic

Tak membiarkan rivalnya menguasai pasar Ayago, Honda di tahun 2015 lalu kembali menggebrak pasar dengan meluncurkan New Honda Sonic. Motor bermesin DOHC 150cc ini diprediksi akan menjadi aingan berat Satria FU di era modern.

   
Penulis: