Motor BMW G310R Siap Rilis Oktober 2016 di India, Harga Rp 169 Juta

 1221 views

bmw g310r – .kompas.com

Jakarta – Pabrikan motor asal , BMW akhirnya memastikan akan memperkenalkan . BMW bakal kembali merilis motor usai memproduksi BMW R1200GS. Bulan Oktober depan BMW diperkirakan akan memperkenalkan ‘motor murah’ G310R di India.

Menjelang launching unit terbarunya, BMW Motorrad telah melakukan sejumlah persiapan seperti diler independen. Motor BMW G310R tergolong murah lantaran diproduksi di India dengan memanfaatkan TVS Motor yang kini sedang bekerjasama dengan BMW. Sedangkan yang diusung dalam motor tersebut dikerjakan langsung oleh BMW di Jerman.

Tidak heran jika G310R akan dibanderol lebih murah dari beberapa pesaingnya yang mengusung kapasitas 300 cc. Bahkan kabarnya BMW G310R akan dijual lebih murah daripada KTM Duke 390.

Sementara itu distributor resmi BMW Motorrad di Indonesia, PT Maxindo Moto mengaku siap untuk mendatangkan G310R ke Tanah Air. Mereka bahkan sudah memperkenalkannya di perhelatan akbar Gaikindo Indonesia International Auto Show () 2016.

Bahkan PT Maxindo Moto sudah membuka pemesanan motor tersebut walaupun belum secara resmi dirilis di Indonesia. Part Supervisor PT Maxindo Moto, Tony Adiansyah mengungkapkan jika para calon konsumen di Indonesia yang tertarik dengan BMW G310R dapat menyiapkan uang booking sekitar Rp 5 juta.

“Kami memang sengaja pajang motor ini untuk tes pasar. Kalau peluncuran memang belum dilakukan. Waktu peluncuran sendiri kami belum bisa sampaikan saat ini,” ujar Tony.

Sedangkan salah satu sumber internal Maxindo Moto sendiri ada yang membocorkan jika perkiraan BMW G310R adalah sekitar Rp 169 juta. tersebut menurutnya cocok dengan pasar otomotif di Indonesia. “Itu estimasi, nantinya motor ini juga akan dirakit secara lokal di Indonesia. Tapi tidak dalam tahun ini,” ucapnya.

Sumber juga menambahkan bahwa rencananya perakitan lokal BMW G310R akan dimulai akhir tahun 2017 atau awal 2018 mendatang. “Motor ini teknologi Jerman, BMW. Namun peran TVS di sini hanya sekadar perakitan, jadi tak perlu ragu akan kualitas motor ini,” bebernya.

G310R sendiri dibangun dari motor BMW G310RX2, sehingga untuk kapasitas mesin pun keduanya sama, yaitu 313 cc. G310R dibekali satu silinder, mesin liquid-cooled, serta memiliki tenaga 34 horse power pada 9.500 rpm dan torsi 28 newton meter pada 7.500 rpm. Mesin dikombinasikan dengan gearbox enam percepatan.

   
Penulis: