BMW Vision Next 100, Sepeda Motor Futuristik dengan Sistem Self Balancing

 3036 views

Pada Selasa (11/10) lalu di Santa Monica, California, Group mengumumkan sepeda dengan kecerdasan artifisial yang menghilangkan kebutuhan pengendara memakai alat pelindung, termasuk helm.

Sepeda motor BMW Motorrad, Vision Next 100 adalah keluaran dari seri BMW Vision Next yang diperkenalkan dalam rangka perayaan 100 tahun asal Jerman tersebut. Menurut BMW, sepeda Vision Next 100 memiliki self-balancing agar tetap tegak baik ketika berdiri dan bergerak.

BMW Vision Next 100

Beberapa sistem yang disebut ‘Sahabat Digital’ menawarkan saran kemudi dan penyesuaian ide untuk mengoptimalkan pengalaman berkendara. Selain itu ada ‘The Visor’ yang merupakan sepasang kacamata yang menjangkau seluruh jarak pandangan dan dikendalikan dengan pergerakan mata. The Visor berfungsi untuk memberi informasi sekitar kondisi jalan sementara pengendara dapat terus mengendarai motor futuristik ini.

Baca juga:   Resmi Meluncur, Inden BMW R18 Classic Sudah Dibuka

Sistem ini hampir sama dengan sistem driverless (tanpa kemudi) pada mobil yang diharapkan dapat mulai diproduksi tahun 2040 ke atas. “Sepeda ini memiliki berbagai macam data yang terhubung dari lingkungannya dan seperangkat sistem cerdas yang bekerja di bagian latar belakang, sehingga dapat mengetahui persis apa yang ada di depan,” ujar Holger Hampf, Head of User Experience BMW.

Baca juga:   Motor BMW G310R Siap Rilis Oktober 2016 di India, Harga Rp 169 Juta

Sepeda motor ini juga menggunakan sebuah ‘flexframe’ berwarna hitam yang cukup gesit untuk memungkinkan sepeda berbelok tanpa mengubah sendinya. Idenya adalah bahwa saat pengendara membelokkan stang, itu dapat menyesuaikan seluruh frame untuk mengubah arah sepeda. Pada rendah hanya memerlukan sedikit masukan, sedangkan pada tinggi perlu masukan kuat untuk mengubah arah.

Baca juga:   BMW R75/5, Motor Sport Klasik Bertenaga Apik

Namun tak semua konsep dari sepeda ini mengacu pada di masa depan. Bentuk segitiga hitam dari frame dikombinasikan dengan garis putih trim dan bentuk mesin boxer dimaksudkan untuk membangkitkan R32 1923, motor pertama BMW yang pernah diproduksi. Kursi, penutup frame atas, dan sayap terbuat dari karbon, dan sepeda akan melaju pada konsep futuristik sumber daya non-bensin. Pada bagian depan tidak ada tombol apapun kecuali tombol rocker merah di setang kanan.

Teknologi self-balancing membuatnya sangat aman dikendarai

   
Penulis: