Keren, Motor Listrik Kawasaki EV Endeavour Bakal Usung Transmisi Manual

Jakarta – Produsen asal Jepang, rupanya bakal bermain di segmen sepeda . Uniknya, elektrik besutan Kawasaki ini bakal menggunakan transmisi manual. Seperti diketahui, mayoritas yang beredar di pasaran menggunakan transmisi otomatis (matic). Kawasaki pun telah membocorkan teaser video motor ramah lingkungan yang mengusung nama Kawasaki EV Endeavour tersebut.

Kawasaki EV Endeavour – www.oto.com

Rencana Kawasaki ini terungkap saat mereka menunjukkan motor dalam EICMA 2019 dengan nama EV Project. Walaupun masih berbentuk prototipe, banyak yang kagum dengan teknologi bikinan Kawasaki tersebut, terlebih karena transmisi manual yang ditawarkan.

Kawasaki memadukan paket elektrifikasi dengan konvensional. Dengan demikian, penerus tenaganya masih menggunakan transmisi manual yang terhubung dengan rantai ke gir belakang layaknya motor biasa. Motor EV Endeavour digadang-gadang memakai transmisi 4 percepatan.

“Kami berfokus pada sensasi berkendara yang diberikan oleh kombinasi mesin konvensional dengan sumber tenaga dari paket listrik. Ini dapat memberikan tingkat fleksibilitas yang tinggi dalam hal torsi dan pengiriman daya, dengan kemampuan perpindahan gigi,” ungkap Yuji Horiuchi, President of Kawasaki Heavy Industries Motorcycle & Engine Company dalam pameran EICMA 2019 beberapa waktu lalu, seperti dilansir Liputan6.

EV Endeavour dikembangkan dengan konsep pemikiran ala balap. Tampilannya sendiri mirip Kawasaki Ninja 250 FI. Apabila dibandingkan dengan para kompetitor, tampilan EV Endeavour tampak agak kecil. Sayangnya, sampai saat ini masih belum ada bocoran terkait tenaga yang bisa dihasilkan dari motor listrik Kawasaki EV Endeavour.

Menurut laporan Visordown, EV Endeavour bakal menyemburkan tenaga sekitar 26 daya kuda dan torsi instan yang cukup besar lantaran mengandalkan motor listrik dari baterai lithium-ion. Baterai akan diletakkan di ruang yang biasanya diisi oleh mesin.

Walau kapasitas baterai juga masih belum diketahui, Kawasaki setidaknya telah mengadopsi teknologi pengisian daya yang cepat. Motor elektrik ini pun kabarnya sanggup menempuh jarak hingga 120 km hanya dengan pengisian baterai selama 30 menit saja. Ada pula teknologi regeneratif yang memungkinkan baterai bisa terisi saat pengendara menekan tuas rem. Kawasaki EV Endeavour mempunyai bobot 219 kg atau lebih berat 6 kg dari Z900 ABS.

   
Penulis: