MV Agusta F3 675 & F3 800, Supersport Premium dari Negeri Pizza

 1638 views

Bagi Anda yang menyukai aura mengendarai (moge), pasti sudah tidak asing lagi dengan MV Agusta. Merek asal Negeri Pizza Italia itu terkenal dengan desain yang menawan, tidak seperti motor buatan kebanyakan. MV Agusta dapat digambarkan sebagai motor dengan desain unik sekaligus premium, yang juga terkadang dibekali dengan mesin berkapasitas “tidak biasa”.

MV Agusta sendiri telah meluncurkan banyak varian motor sport (bahkan supersport) yang pasti bakal membuat ngiler siapa saja yang melihatnya. Salah satu varian kuda besi asal Italia yang cukup laris di pasaran adalah MV Agusta F3. Di dalam situs resminya, MV Agusta menyebut F3 sebagai sebuah canggih dengan penanganan luar biasa, paket elektronik modern, serta mesin yang menghasilkan performa yang buas.

Model F3 Series juga menjadi sejarah baru bagi brand yang didirikan oleh Giovanni Agusta ini, karena untuk pertama kalinya mereka memiliki line up yang diproduksi lebih dari 10.000 unit. Angka tersebut memang jauh lebih kecil dibandingkan motor supersport di kelasnya. Namun, hal ini bisa dimaklumi karena tersebut tidak mau meninggalkan eksklusivitas yang telah menjadi ciri khas mereka.

Saat ini, MV Agusta memiliki dua model untuk kategori F3 Series, yaitu model F3 675 dan F3 800. Di samping itu, perusahaan tersebut juga pernah melemparkan beberapa model spesial edition untuk F3, di antaranya F3 Oro, F3 Ago, F3 AMG, F3 Missoni, dan F3 Reparto Corse. Namun, untuk kali ini, kita akan bahas terlebih dulu model F3 675 dan juga model F3 800.

MV Agusta F3 675

Ketika pertama kali diluncurkan, motor ini menjadi satu-satunya moge asal Italia yang bermain di kelas supersport berkapasitas 600cc. Selain MV Agusta, tidak ada pabrikan motor lain asal Italia yang melirik kelas ini, baik itu maupun Aprilia.

Secara tampilan, MV Agusta F3 675 banyak bermain dengan bentuk tubuh penuh lengkungan. Hal ini berbeda dengan para kompetitor yang cenderung membawa desain lekukan tajam yang radikal. Meski demikian, desain motor ini secara keseluruhan tetap mengutamakan unsur . Salah satu ciri khas MV Agusta F3 675 adalah penggunaan rangka tubular berbahan baja serta swing arm model single yang membuatnya terlihat eksotis.

Di sektor jantung pacu, MV Agusta membekali motor ini dengan mesin tipe 4-stroke, transverse three cylinder, DOHC, 4 katup per silinder, berkapasitas 675cc. Dengan modal tersebut, MV Agusta F3 675 mampu menyemburkan tenaga maksimal 94,2 kW pada putaran 14.400 rpm dan torsi puncak menembus 71 Nm pada putaran 10.600 rpm.

Saat ini, MV Agusta menyediakan model F3 675 dalam pilihan Matt Avio Grey, Red/Ago Silver, dan Pearl White. Motor ini ditawarkan dengan mulai USD 14.298, sedangkan model F3 675 RC dilepas dengan 12.950 euro.

MV Agusta F3 675 – www.motorcyclenews.com

 

MV Agusta F3 800

Motor ini pertama kali dirilis pada tahun 2013 lalu, dan menggunakan basis model F3 675. MV Agusta 800 sendiri menampilkan desain full fairing yang cukup menggiurkan. Disusun dari rangka berjenis trellis (ALS steel tubular trellis) yang terkenal ringan tetapi sangat kuat, motor ini semakin tangguh ketika digunakan pada akselerasi tingkat tinggi.

Sejumlah dengan teknologi terkini juga disematkan pada motor sport ini. Di antaranya paket elektronik mulai dari ride-by-wire, traction control, electronic air-bleed system, dan variable power maps. MV Agusta F3 800 juga disokong dengan slipper clutch, Brembo monoblock calipers, fully-adjustable Marzocchi fork, dan suspensi belakang Sachs yang dilengkapi opsi quick-shifter.

Sementara, di bagian jantung pacu, pabrikan Negeri Pizza membekali kuda besi ini dengan mesin 4-stroke, DOHC, 3 silinder segaris, fuel injection, berkapasitas 798cc. Dengan modal tersebut, MV Agusta F3 800 disebut mampu menyemburkan tenaga maksimal 148 HP pada putaran 13.000 rpm dan torsi puncak 88 Nm pada putaran 10.600 rpm.

Saat ini, MV Agusta F3 800 hadir dalam beberapa pilihan warna yang menarik, seperti Red/Ago Silver, Matt Metallic Senna Black, dan Pearl Ice White/Matt Avio Grey. Ketika pertama kali diluncurkan ke Indonesia, motor ini dilepas dengan harga mulai Rp370 jutaan.

MV Agusta F3 800 – www.motorcycle-usa.com

 

   
Penulis: