Rilis Video Penggoda, All New Yamaha YZF-R6 Comot Desain R1?

-.info – Yamaha baru saja menggoda para konsumen dengan merilis video teaser desain terbaru motor mereka, yaitu YZF-R6. Publik sendiri mengharapkan pabrikan asal Jepang itu membuka selubung resmi perdana YZF-R6 secara global bulan depan, tepatnya di ajang Intermot yang digelar di Jerman.

All New Yamaha YZF-R6 – www.sportrider.com

 

Memang, jika melihat video bertajuk R World tersebut, siapa pun pasti akan dibuat kecewa. Pasalnya, video dengan durasi 32 detik itu hampir tidak memberikan informasi apa-apa bagi para fans R6 kecuali suara raungan DOHC berkapasitas 600cc, empat silinder yang sedang digeber seorang rider di lintasan sirkuit.

Meski begitu, banyak pihak yang meyakini bahwa R6 bakal tampil dengan desain dan fitur yang lebih fresh setelah 10 tahun bertahan dengan tampang dan lawas. YZF-R6 2017 ini dikabarkan bakal mencomot YZF-R1 sebagai basis desain. Selain itu, R6 juga dibekali dua lampu utama bulat kecil yang mengapit lubang udara di tengahnya. Di atasnya, ada semacam lampu DRL (Day Running Light) yang memanjang seperti alis.

Sementara untuk bagian tangki bahan bakar, dibuat semakin besar dengan garis-garis mirip insang ikan hiu. Adapun di sektor tempat duduk, bakal menerapkan model jok single seat. Swing arm pun diperkirakan sama persis dengan kepunyaan R1.

Meski begitu, untuk sektor mesin, pengamat meyakini tidak ada perubahan berarti pada model terbaru R6. Motor ini masih datang dengan mesin berkapasitas 600cc, empat silinder dan diklaim mampu meletupkan tenaga sekitar 130 HP. Namun, versi terbaru ini diyakini bakal datang dengan sejumlah perangkat elektronik mumpuni seperti multi-level traction control, wheelie mitigation, ABS, dan kemungkinan opsi semi-active suspensions.

Seperti diutarakan sebelumnya, motor ini diprediksi dirilis secara resmi pada ajang Intermot 2016 bulan depan. Jika terealisasi, R6 terbaru disebut menjadi penantang serius Honda CBR600R dan juga Daytona 675R.

   
Penulis: