Saingi PCX, Yamaha Juga Luncurkan Skutik Yamaha Grand Filano Hybrid

 589 views

Bangkok sebelumnya telah meluncurkan sepeda bertenaga hybrid, yakni PCX Hybrid yang diklaim sebagai hybrid pertama di . Tak ingin kalah saing, pabrikan yang sama-sama berasal dari Jepang, pun kabarnya telah mengenalkan matic terbaru yang juga bertenaga hybrid, yakni Grand Filano Hybrid. Sayangnya itu baru diluncurkan di negara Thailand.

Yamaha Grand Filano Hybrid – www.motorival.com

Skutik Yamaha Grand Filano Hybrid disebutkan mengusung Smart Motor Generator (SMG) yang terintegrasi dengan tenaga serta menghasilkan tenaga listrik dalam satu paket. Konsumsi bahan bakar dari skutik hybrid ini juga diklaim cukup efisien karena dilengkapi dengan berkapasitas 125 cc Blue Core injeksi 1 silinder dengan pendingin udara.

Selain itu, Yamaha Grand Filano Hybrid juga didukung sistem Hybrid (Power Assist) yang dapat mengombinasikan mesin bahan bakar dengan motor listrik. Menurut klaim Yamaha, motor satu ini dapat mencapai 60 km per liter. Terlebih karena Yamaha Grand Filano Hybrid disertai Stop & Start System (SSS) yang dapat mematikan mesin sementara ketika motor dalam keadaan berhenti. Kemudian mesin akan hidup kembali apabila pengendara memutar gas. Dengan demikian, bahan bakar pun diklaim lebih irit.

Yamaha Grand Filano Hybrid Standard non-ABS di Thailand dijual dengan harga sekitar Rp 24 jutaan, sedangkan versi tertingginya, yaitu Yamaha Grand Filano Hybrid Standard ABS dibanderol seharga Rp 26,8 jutaan. Jika dibandingkan dengan PCX Hybrid di Indonesia seharga Rp 40 jutaan sebenarnya posisi Yamaha Grand Filano Hybrid cukup bersaing. Akan tetapi Yamaha Indonesia masih belum berencana memboyong motor itu ke Indonesia.

Menurut Assistant GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Yordan Satriadi sebelum mengenalkan Filano Hybrid, masyarakat sebaiknya harus mengenal terlebih dahulu motor hybrid yang lebih menawarkan efisiensi bahan bakar tetapi masih mempertahankan performa. Yamaha sendiri sebenarnya telah menawarkan teknologi VVA yang konsepnya hampir mirip seperti hybrid.

“Hybrid di motor itu lebih ke arah power assist, Yamaha sudah punya teknologinya, yaitu VVA, tanpa menggunakan listrik. Malah cara kerja mesinnya yang kita buat. VVA itu membuat power lebih besar dan juga lebih irit,” ujar Yordan, seperti dilansir Detik.

“Kita harus wait and see, tinggal tunggu kapan kira-kira rakyat Indonesia membutuhkan (benar-benar membutuhkan motor hybrid-Red), Karena kan hybrid juga masih baru diperkenalkan, kita belum tahu responsnya seperti apa,” pungkasnya.

   
Penulis: