Saingi Vespa, Suzuki Siap Produksi Skuter Matic 150cc

India – Pabrikan asal Jepang, Suzuki berniat untuk memproduksi sepeda skuter matic (skutik) dengan kubikasi mesin 150 cc. Skutik tersebut rencananya akan berhadapan dengan para kompetitor seperti Piaggio, , atau Aprilia SR 150 di negara India.

Suzuki Siap Produksi Skuter Matic 150cc – news.metrotvnews.com

Suzuki India dikabarkan tengah fokus menggarap segmen skuter dan premium. Tak tanggung-tanggung, Suzuki memiliki target untuk menguasai 10% pangsa pasar di India tahun 2020 mendatang. Executive Vice-President Suzuki India, Sajeev Rajasekharan mengakui bahwa berkompetisi dengan Piaggio Group pada segmen motor premium memang hal yang cukup menantang.

“Untuk ini, kami akan mendatangkan setidaknya dua sepeda motor dan skuter setiap tahunnya. Strategi ini dilakukan untuk memperbesar volume sepeda motor di kelas 150 cc dan lebih,” beber Sajeev, seperti dilansir Viva.

Namun sayang Sajeev masih enggan membeberkan secara detail skuter apa yang hendak diproduksi di negeri Hindustan, baik dari segi nama, teknis, hingga tampilan luarnya. Di India Suzuki telah menjual beberapa sepeda motor seperti Access 125, Let’s, Hayate SP, Gixxer, Gixxer SF, GSX-S1000, GSX-R1000, Hayabusa, V-Strom 1000, dan Intruder M1800R.

Sementara itu, di Indonesia skuter matik yang dijual oleh Suzuki hanya tipe Address 125 cc dan Nex. Kemudian untuk segmen bebek Suzuki memiliki Satria FU 150 injeksi dan Smash, serta segmen 150 cc dihiasi oleh GSX-R150, GSX-S150, dan Hayabusa GSX1300R. Bisa saja rival Piaggio dan Vespa produksi India itu juga akan dihadirkan di Indonesia. Terutama karena PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga masih belum mempunyai skuter matic di kelas 150 cc. Namun pihak PT SIS masih belum memastikan apakah itu juga bakal dipasarkan di Indonesia atau tidak.

   
Penulis: