Saingi Xabre, Honda Kenalkan Motor Terbaru CB150R Exmotion

Thailand – Sosok naked CB150R di Thailand ternyata memiliki bentuk yang berbeda dari versi Indonesia. Di Thailand, penampilan CB150R rupanya dipoles lebih futuristik dan mengusung -fitur yang lebih baik. Motor pesaing Xabre ini sebelumnya telah dipamerkan dalam acara Bangkok Motor Show, akan tetapi versi produksinya baru saja ditampilkan oleh AP Honda Thailand dan mengusung nama Honda CB150R Exmotion.

Honda CB150R Exmotion – otomotif.kompas.com

Jika dilihat sepintas, tampilan Honda CB150R Exmotion mengedepankan gaya motor vintage dan mirip seperti Ducati Scrambler. Meskipun bergaya klasik, nyatanya motor keren ini dipersenjatai dengan . “Kami persembahkan motor yang dirakit dan dibuat dengan hati-hati di tiap elemennya. DNA motor sport Honda seperti RC211, RC213V-S dan banyak motor sport Honda yang kami wujudkan di motor ini,” kata Yoichi Mitani, Executive Chairman of AP Honda, APM Honda di Thailand, seperti dilansir Metrotvnews.

Desain yang paling terlihat dari CB150R versi Thailand ada pada bagian tangki, kemudian shroud dibuat lebih menarik, dan bagian depan headlamp didesain bulat bertumpuk. Sedangkan di bagian reflektor tertera tulisan Honda yang seakan menegaskan kesan mewahnya.

Di sektor penerangan telah memakai lampu berteknologi LED, baik di depan dan belakang. Kemudian pengeremannya menggunakan 4 piston. Lalu Honda CB150R Exmotion juga memakai suspensi upside down dari Showa ukuran 41 mm di depan. Ban yang diusung juga berukuran besar dengan ukuran ban belakang 150/17. Tak hanya itu, ada pula fitur spidometer full , lengan ayun khas motor gede (moge), dan masih banyak lagi.

Lebih lanjut Mitani mengungkapkan bahwa desain Honda CB150R Exmotion dibuat terpusat di titik tengah motor supaya center of gravity motor anyar Honda ini lebih baik. “Membuat pengendaliannya mudah dan menyenangkan dikendarai,” beber Mitani.

Di sektor desain, motor Honda CB150R Exmotion rupanya turut melibatkan berbagai brand otomotif ternama dari seperti Moriwaki, G’Craft, dan Kitaco untuk merancang dan merakit sejumlah komponen pendukung tampilan sport naked bike terbaru tersebut.

Motor dengan 4 katup, DOHC 150 cc berpendingin cairan, gearbox 6 percepatan, dan memakai batas emisi Euro terbaru ini tersedia dalam 2 varian, yaitu ABS dan non ABS. Honda CB150R Exmotion Standar dengan 4 pilihan adalah 99.800 bath (Rp 40 jutaan), sedangkan versi ABS dengan 2 pilihan seharga 109.800 bath (Rp 44 jutaan).

   
Penulis: