Motor Terbaru BMW R18 Kembaran Harley-Davidson Siap Diproduksi

 103 views

Jakarta R18 kabarnya akan segera memulai debutnya. teranyar besutan Motorrad ini kabarnya mengusung tampilan bagger klasik yang tentunya mengingatkan para penggemar pada sosok motor Electra Glides, Road Kings, dan Chieftains.

Sepeda motor BMW R18 – www.motoris.id

“BMW R18 sejatinya pernah diperkenalkan sebagai motor konsep di EICMA 2019 lalu. Namun BMW memilih untuk tidak mengungkapkan detail dari R18,” demikian seperti dilansir Rideapart melalui Tempo.

Meski demikian, motor BMW R18 sempat tertangkap kamera dalam sebuah truk sekitar bulan Oktober 2019 lalu. Berdasarkan hasil foto penampakan yang beredar, sosok BMW R18T sekilas terlihat menggunakan fairing besar, pipa knalpot lurus rendah, dan juga jok rendah.

Motor ini tampak mengusung boxer jumbo dengan kapasitas 1.800 cc, khas motor Jerman. yang tampak menonjol di tiap sisi ini tentunya begitu berbeda dari tampilan V-Twin yang biasa disematkan pada motor gede (moge) khas Amerika Serikat. Apabila dilihat oleh orang awam, kemungkinan banyak yang mengira jika motor itu bukanlah motor BMW, melainkan motor Harley-Davidson.

Menariknya, dari dalam negeri kabarnya BMW Motorrad Indonesia berencana untuk memboyong motor bergaya retro tersebut pada tahun 2020 ini. “Saya dengar, R18 akan diluncurkan di EICMA, semoga tahun depan di Indonesia,” ujar Joe Frans selaku CEO BMW Motorrad Indonesia di Jakarta Barat tahun 2019 lalu, seperti dikutip dari Gridoto.

Motor yang terinspirasi dari BMW R5, R50 dan R60/2 tersebut meski gayanya klasik masih dirancang lebih dan . Ini tampak dari garpu depannya yang telah memakai upside down yang diberi cover sehingga terkesan semakin gagah. Lalu suspensi belakang diletakkan di bawah jok supaya terlihat semakin rapi.

Sedangkan bagian setang tampak minimalis untuk mengejar kesan elegan. Desain tangki berbentuk tear drop yang membentuk garis mengalir, cocok dengan fender belakang yang lebih pendek. Bagian rodanya memakai pelek jari-jari dengan ring 21 di depan dan ring 18 di belakang.

   
Penulis: