Skuter Listrik Viar Q1 Diperkenalkan, Harga Mulai Rp16,2 Juta

 515 views

Sepeda-.info - Bukan Honda, , apalagi Suzuki, ternyata Viar yang terlebih dulu melemparkan listrik untuk pasar . Meski telah diperkenalkan kepada publik pada Senin (15/5) kemarin, namun matik listrik dengan nama Viar Q1 ini rencananya baru akan diluncurkan secara resmi pada tanggal 7 Juni 2017 mendatang.

Skuter Listrik Viar Q1 – otomotif.liputan6.com

Untuk membangun sepeda motor listrik ini, PT Triangle Motorindo selaku produsen Viar Motor, bekerja sama dengan Bosch, sebuah perusahaan penyediaan layanan dan . Alasan dibangunnya Viar Q1 adalah karena adanya kesamaan visi dan misi antara Viar dan Bosch untuk menciptakan kendaraan roda dua yang ramah lingkungan.

“Kehadiran listrik ini merupakan bentuk dukungan kami terhadap kebijakan pemerintah yang menginginkan hadirnya alat transportasi tanpa polusi asap dan menggunakan bahan bakar fosil, sesuai dengan Peraturan Presiden No. 22 tahun 2017,” jelas Corporate Manager PT Triangle Motorindo, Deden Gunawan. “Dengan skuter Viar Q1 ini, kami juga menjadi pelopor motor listrik pertama di Indonesia dari segi komersial.”

Sebelum diproduksi, Viar Motor Indonesia telah bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta untuk melakukan proses riset dan pengembangan. Sementara, untuk masalah driving system, telah menggunakan teknologi e-Scooter dari Bosch. “Kolaborasi dengan PT Triangle Motorindo menjadi bukti keseriusan kami dalam menghadirkan solusi transportasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia,” timpal Director Automotive Electronics Bosch South East Asia, Amine Kamel.

Sebelumnya, purwarupa Viar Q1 sempat diperkenalkan pada ajang Pekan Raya Jakarta 2016 lalu setelah melakukan riset dan pengujian internal selama setahun. Kemudian, di awal tahun 2017, skuter listrik tersebut mendapatkan surat izin jalan dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian Perindustrian, termasuk legalitas berupa STNK dan Nomor Polisi. Viar Q1 sendiri ditawarkan dengan mulai Rp16,2 juta (OTR Jabodetabek) dan sudah bisa dipesan melalui situs www.e-viar.com.

   
Penulis: