Spesifikasi dan Harga Big Scooter Kymco Downtown 200i

Bagi mereka yang besar di era medio 2000-an, pasti sudah tidak asing lagi dengan serbuan merek-merek asal China, Taiwan, dan Korea di pasar Indonesia. Kala itu, brand asal Negeri Tiongkok memang gencar beredar di Tanah Air karena memiliki harga yang relatif lebih murah jika dibandingkan merek asal Jepang.

Kymco Downtown 200i – dorotheacarney.com

 

Dari sekian banyak merek motor berharga murah yang beredar di awal milenium ketiga tersebut, salah satu yang berhasil menyedot perhatian adalah Kymco. Kala itu, pabrikan asal Taiwan ini lebih populer dengan -produk JetMatic-nya (sekarang lebih dikenal dengan nama matik).

Meski gaungnya sudah tidak terlalu terdengar seperti satu dekade silam, namun Kymco ternyata masih rajin merilis produk-produk berkualitas. Pabrikan tersebut kini lebih bermain di segmen skuter matik besar atau big scooter dan menyasar pasar Amerika serta Benua Eropa. Dan, salah satu big scooter yang telah diluncurkan Kymco adalah seri Downtown.

Hingga detik ini, setidaknya sudah ada empat varian Downton yang telah dilemparkan Kymco ke pasaran global, salah satunya model Downtown 200i. Skuter ini juga sempat diperkenalkan ke Indonesia dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada tahun 2015 lalu.

Secara tampilan, Downtown 200i memiliki bodi layaknya big scooter kebanyakan karena berukuran besar, dua buah lampu depan yang juga besar, serta fly screen yang lagi-lagi berukuran jumbo. Skuter ini juga dibekali ruang penyimpanan bagasi di bawah jok yang mampu menampung hingga dua helm full face.

Untuk sektor jantung pacu, Kymco membekali Downtown 200i dengan 4-stroke, OHC, single cylinder, liquid-cooled, berkapasitas 205,3cc. Dengan modal tersebut, skuter matik ini diklaim mampu meletupkan tenaga 15 kW pada putaran 8.000 rpm dan torsi puncak menembus 18,9 Nm pada putaran 7.000 rpm.

Saat ini, Kymco menghadirkan Downtown 200i dalam tiga pilihan warna, yaitu putih, merah, dan hitam. Saat pertama kali dipamerkan, satu unit skuter matik ini dilepas dengan harga mulai Rp63 jutaan (OTR Jabodetabek). Sementara, di pasar Amerika Utara, motor ini dijual dengan harga mulai USD 5.199 atau sekitar Rp70 jutaan. Berikut teknis Kymco Downtown 200i.

Tipe Mesin 4-stroke, single cylinder, liquid-cooled, OHC
Kapasitas Mesin 205,3cc
Daya Maksimum 15 kW @ 8.000 rpm
Torsi Maksimum 18,9 Nm @ 7.000 rpm
Sistem Bahan Bakar EFI
Transmisi CVT Automatic
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Dual shock
Rem Depan Disc
Rem Belakang Disc
Depan 120/80-14
Ban Belakang 150/70-13
Tinggi Jok 30,5 inch
Jarak Sumbu Roda 60,8 inch
Kapasitas Bahan Bakar 3,3 gal
Berat 367 lbs
   
Penulis: