Vento V-Thunder (Kaisar Ruby), Moge Alternatif Touring dari China

 4577 views

Jika Anda sedang mencari sebuah gede (moge) alternatif untuk keperluan touring selain Harley Davidson, mungkin Anda bisa berpaling pada model Vento V-Thunder. Meski berasal dari China (mocin), namun yang biasa dipanggil dengan Ruby tersebut tidak bisa dipandang sebelah mata.

Vento V-Thunder – moto.zombdrive.com

 

Seperti China lainnya yang kebanyakan merupakan tiruan dari model yang sudah sukses, demikian juga dengan motor Kaisar Ruby ini. Sekilas, motor ini memang langsung mengingatkan orang kepada Harley Davidson. Jika tidak teliti, orang bakal mengira motor ini merupakan salah satu varian moge buatan Amrik tersebut.

Sebagai , Kaisar Ruby telah dilengkapi sejumlah fitur pendukung. Lampu depan atau headlamp diperkuat dengan 2 fog lamp bergaya klasik, sedangkan jok dibuat dengan ergonomis menggunakan bahan semi kulit. Sementara, di sektor kaki-kaki, tertanam velg dari metal solid yang kokoh dan juga sistem pengereman model cakram di kedua roda untuk keamanan selama perjalanan.

Pabrikan China juga mempersenjatai sepeda motor ini dengan double muffler kokoh yang berguna memperkuat kinerja mesin, selain sebagai sistem buang ganda. Adapun di panel speedometer, tampil dengan desain klasik yang memperkuat karakter Kaisar Ruby ini sebagai motor besar.

Sayangnya, meski berbodi besar dan kokoh, namun mesin yang ditanamkan pabrikan pada motor ini memang tergolong kecil untuk ukuran moge. Kaisar Ruby hanya menggendong mesin 4-stroke, SOHC, air-cooled, berkapasitas 250cc (V-twin 2 x 125cc). Dengan bekal tersebut, motor ini diklaim mampu meletupkan daya maksimal 10 kW pada putaran 9.500 rpm dan torsi puncak 10,5 Nm pada putaran 7.500 rpm.

Dengan seperti itu, Kaisar Ruby memang cocok bagi mereka yang ingin berpetualang dengan motor besar namun hanya memiliki bujet terbatas. Saat ini, model terbaru tahun 2016 saja dibanderol dengan “hanya” Rp38.000.000. Sementara, produk bekas motor ini ditawarkan mulai Rp4.500.000. Berikut teknis Vento V-Thunder atau Kaisar Ruby.

Dimensi 2.255 x 870 x 1.150 mm
Jarak Sumbu Roda 1.500 mm
Jarak ke Tanah 150 mm
Berat Kosong 165 kg
Bahan Bakar 14 liter
Rem Depan dan Belakang Disc Brake
Tipe Mesin 4-stroke, SOHC, air-cooled
Kapasitas Mesin 250cc (V-twin 2 x 125cc)
Diameter x Langkah 62 x 49,5 mm
Daya Maksimum 10 kW @ 9.500 rpm
Torsi Maksimum 10,5 Nm @ 7.500 rpm
Transmisi 5-speed
Starter Elektrik
   
Penulis: