Prisma Evolution PRX-200, Motor Sport Alternatif Gagah Berharga Murah

 3354 views

Jika berbicara segmen , kita memang tidak bisa berpaling dari merek-merek populer dari Jepang seperti , Suzuki, Yamaha, dan juga Kawasaki. Pamor yang telah mendunia serta jejak rekam yang begitu panjang di dunia membuat pabrikan asal Negeri Sakura memang diakui kualitasnya.

Prisma Evolution PRX-200 – otomercon.com

 

Meski demikian, bagi mereka yang mencari alternatif pilihan motor lain selain keluaran Jepang, bisa berpaling pada motor produksi atau Korea. Meski banyak dicibir orang, namun produk-produk asal kedua negara tersebut nyatanya masih tetap diminati masyarakat, salah satunya  karena jual yang tergolong rendah.

Di antara sekian banyak motor sport asal China dan Korea yang pernah mengaspal di Tanah Air, Prisma Evolution PRX-200 menjadi salah satu yang diunggulkan. Pasalnya, motor yang pertama kali diperkenalkan dalam ajang Pekan Raya Jakarta tahun 2010 silam tersebut memiliki aduhai dan gahar sehingga bisa menjadi alternatif pilihan bagi para biker yang ingin tongkrongan gagah.

Dari segi tampilan, Prisma Evolution PRX-200 ini memang cukup menggoda. Ditawarkan dengan harga mulai Rp15,8 jutaan ketika pertama kali dirilis, motor ini telah disokong dengan tubeless merek Duro, monoshock, dan juga speedometer digital. Di samping itu, kuda besi yang diproduksi PT Maju Bersama Surya Indah Motor ini juga sudah mengaplikasikan suspensi depan model Upside Down.

Meski masih berpendingin udara, namun motor ini didesain sedemikian rupa sehingga akan terlihat seperti kotak radiator dengan kisi-kisi, cukup eye catching. Sementara, finishing juga lumayan rapi dan sedikit di atas motor keluaran Minerva yang sudah banyak beredar di jalanan. Sayangnya, finishing di bagian sasis masih perlu ditingkatkan.

Di bagian dapur pacu, Prisma Evolution PRX-200 menggendong tipe 4-stroke, SOHC, berpendingin udara, berkapasitas 198cc. Dengan modal tersebut, motor ini diklaim mampu menyemburkan daya maksimal 10,8 kW pada putaran 8.000 rpm dan torsi puncak 13 Nm pada putaran 7.000 rpm. Uniknya lagi, motor yang hadir dengan pilihan warna merah, biru, hijau, dan kuning tersebut bisa menggunakan suku cadang dari Honda Tiger ketika mengalami masalah. Berikut teknis Prisma Evolution PRX-200.

Dimensi 1.930 x 700 x 1.000 mm
Berat 121 kg
Rangka Steel Tube & Armor Plate Complex
Suspensi Depan Upside Down
Suspensi Belakang Monoshock
Ban Depan 110/70-17
Ban Belakang 130/70-17
Rem Depan dan Belakang Cakram
Tipe Mesin 4-stroke, SOHC, air-cooled
Kapasitas Mesin 198cc
Daya Maksimum 10,8 kW @ 8.000 rpm
Torsi Maksimum 13 Nm @ 7.000 rpm
Transmisi Manual,5-speed
Starter Electric & Kick
   
Penulis: