Viar Star CX, Motor Bebek China dengan Kapasitas 150 CC

 6979 views

Produsen motor asal Taiwan ( Taipei), , membuat gebrakan dengan meluncurkan motor bebek berkapasitas 150 cc. Motor yang diberi nama Star CX itu merupakan bebek sport dengan mirip Yamaha X1.

Jika dilihat, desain Viar Star CX memang mirip sekali dengan Yamaha X1. Mulai dari bodi, lampu depan yang double keen, lampu stop belakang, setang jepit, speedometer, underbone body, patbot, side body, hingga muffler. Bahkan, stripping-nya sama persis dengan kepunyaan Yamaha X1.

Meski berdesain mirip, namun ada yang membedakan antara Viar Star CX dengan Yamaha X1. Jika Yamaha X1 menggunakan beradiator, maka Viar Star CX menggunakan pendingin udara atau air cooled. Sementara, kompartemen di bawah jok cukup tipis dan mungkin hanya sanggup memuat tool set dan mantel hujan.

Untuk keamanan, Viar Star CX juga menerapkan aplikasi system secure key shutter. Sementara, bentuk speedometer-nya terlihat lebih asimetris jika dibandingkan dengan motor milik , Revo. Meski produksi Taiwan, namun penggarapan desain Viar Star CX ini cukup detail dan rapi, serta tidak terdeteksi kekasaran pada finishing motor ini.

Secara keseluruhan, Viar Star CX memiliki panjang, lebar, dan tinggi yaitu 1920 x 660 x 1090 mm dengan jarak sumbu roda 1260 mm. Sementara, jarak terendah ke tanah adalah 160 mm.

Motor ini memiliki rangka tulang punggung, dengan suspensi depan adalah teleskopik. Sementara, suspensi belakangnya adalah lengan ayun dan peredam kejut ganda.

Untuk motor , Viar Star CX memiliki depan 70.90/17, sedangkan ukuran belakang nya 80.90/17. Motor ini menggunakan cakram hidrolik untuk rem depan, sedangkan rem belakang menggunakan tromol.

Viar Star CX memilik tipe mesin 4 langkah (4 tak) dengan SOHC diameter x langkah adalah 50 x 49.9 mm. Volume langkahnya adalah 97 cm. Motor ini juga memiliki kopling otomatis/sentrifugal gigi.

Motor dengan system transimisi 4 kecepatan ini mempunyai kapasitas tangki bensin 3.8 liter. Sementara sistem pengapiannya menggunakan CDI magnet.

   
Penulis: