Uniknya Honda Legenda Modif Gaya “Monkey”

 9419 views

Saat ini, dunia memang tak lagi mengutamakan -motor keren keluaran terbaru yang berbodi gagah dan tangguh. Akan tetapi, pencinta juga mulai banyak yang memodifikasi sehingga dunia di negeri ini juga semakin beragam.

Salah satu motor lawas yang banyak dan mudah dimodifikasi adalah Astrea Legenda, motor keluaran pabrikan asal , . Pasalnya, Legenda adalah motor yang sangat simpel dengan body yang cukup ramping dan hampir sama dengan motor Grand. Selain itu, modifikasi motor ini juga tidak terlalu memakan biaya yang cukup mahal.

Honda Legenda sendiri bermesin 4 stroke, overhead camshaft, 1 silinder. mesinnya berkisar 97,1 cc (100 cc). Legenda dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga 7,3 ph @ 8.000 rpm.

Salah satu modifikasi yang umum dilakukan adalah modifikasi gaya “monkey”. Untuk memodifikasi Legenda dengan gaya ini, yang harus Anda lakukan pertama kali adalah meminta bantuan ahli memotong rangka motor. Lalu, motor harus dibelah menjadi dua, kemudian ganti bagian belakang rangka motor dengan besi seamless berdiameter 1,55 mm dan dengan tebal 2 mm. Sementara untuk bagian depan, rangka motor hingga ke tempat duduk engine mounting-nya tidak perlu diubah.

Setelah itu, lebarkan sekitar 25 mm bagian jok agar sok depan terlihat lebih “ngangkang”. Hal ini juga akan memudahkan pemasangan ban berukuran besar dan lebar.

Sementara untuk bagian tangki bahan bakar, Anda dapat mencari contoh seperti tangki bahan bakar “monkey” aslinya. Anda dapat membuat tangki bahan bakar ini sendiri dengan menggunakan bahan plat besi. Buat ukuran tangki lebih besar agar dapat menampung lebih banyak bahan bakar.

Kemudian, Anda tinggal melepas dan mengganti jok motor, lampu depan, dan knalpot motor. Pilih dan buat bagian-bagian tersebut dengan klasik agar sesuai dengan style motor monkey Honda Astrea Legenda yang Anda inginkan.

   
Penulis: