Vespa 150 TAP, Vespa Militer Bersenjatakan Canon Bazooka

 1101 views

Jika Anda penggemar , khususnya , tentu sudah tak asing lagi dengan model 150 TAP. 150 TAP memang sangat tenar dalam beberapa tahun terakhir karena merupakan yang memiliki layaknya tank, atau juga sering disebut sebagai The Bazooka Vespa.

vespa 150 tap – hiconsumption.com

 

Vespa 150 TAP merupakan yang diproduksi oleh ACMA (Ateliers de Construction de Motocycles et d’Automobiles) dan dirancang khusus untuk keperluan pasukan terjun payung Prancis yang bernama Troupes Aero Portees (TAP). Vespa ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1956 dan mendapat pembaruan tiga tahun kemudian.

Vespa 150 TAP dirancang khusus untuk sebuah operasi serangan anti-gerilya dari musuh-musuh guna menjalani tugas aksi sergap cepat. Karena itu, tak usah heran jika proses pendistribusian di garis depan dilakukan dengan cara menjatuhkan Vespa ini dari atas pesawat dengan parasut. Vespa 150 TAP selalu diterjunkan berpasangan. Satu Vespa untuk mengangkut meriam atau canon, sedangkan satu Vespa lain mengangkut amunisi.

Saat itu, penggunaan Vespa sebagai kendaraan militer bukan tanpa alasan. Pasalnya, pasukan keamanan Prancis memang sedang membutuhkan kendaraan perang roda dua yang cukup ringan dan efisien di berbagai medan jalan dan mudah diangkut menggunakan pesawat tempur.

Sebagai kendaraan militer, Vespa 150 TAP juga dibekali senjata. Tercatat, aplikasi senjata pada skuter ini bertipe Canon Bazooka dengan nama M20 recoilless rifle yang ditanamkan pada dek Vespa. Senjata ini diklaim sangat ampuh untuk menaklukkan dan meluluhlantakkan benteng serta kendaraan berlapis baja seperti tank. Beberapa sumber malah menyebutkan jika senjata ini mampu menembus lempengan baja setebal 100 mm dari jarak 7.000 meter.

Namun, berbeda dengan tank yang bisa menembakkan amunisi ketika berjalan, meriam Vespa ini tidak bisa ditembakkan ketika masih menempel di badan Vespa. Jadi, meriam tersebut harus dicopot terlebih dahulu dan dipasang pada sebuah tripod atau penyangga.

Sementara untuk sektor jantung pacu, Vespa 150 TAP menggendong 2-stroke, berkapasitas 150cc. Namun, agar skuter ini lebih responsif dan lincah, maka aplikasi jumlah gigi sekunder pada Vespa 150 TAP sengaja lebih dikurangi dibandingkan Vespa sejenis.

Baca juga:   Perkembangan Lambang Vespa di Indonesia dan Dunia
   
Penulis: 

Komentar ditutup.