Yamaha Lagi Siapkan Motor Retro Modern Entry Level XSR250?

Jakarta – Produsen berlambang garpu tala, rupanya sedang menyiapkan sebuah proyek misterius yang kabarnya bakal mengusung basis dari R25. Usut punya usut, dikabarkan tengah menggarap sepeda retro bergaya .

Yamaha Siapkan Motor Retro XSR250 – enoanderson.com

“Tahun ini Yamaha XSR250 akan lahir. Motor ini sebenarnya adalah dari Yamaha XSR 900 yang telah beredar sejak 2016 lalu. Hanya saja sesuai namanya, Yamaha XSR250 akan bermesin 250 cc,” demikian seperti dilansir Youngmachine melalui Liputan6.

Majalah ternama pun bahkan sudah merilis gambar rekaan digital dari XSR 250 cc. Menurutnya, modern retro ini akan mengusung desain yang tak jauh berbeda dari Yamaha XSR900. Kemungkinan motor Yamaha XSR250 akan dilengkapi LED headlight, spion, dan taillight berbentuk bulat. Kemudian bagian tangki bakal mengusung bentuk lengkungan halus demi mempertegas kesan retro dari motor keren ini.

Mesin yang digunakan oleh Yamaha XSR250 kemungkinan berasal dari motor Yamaha MT-25. Ini artinya, Yamaha XSR250 dibekali oleh dapur pacu yang mirip dengan MT-25, yakni mesin 2 silinder 250 cc liquid cooled dengan tenaga 35,5 Tk dan torsi 22,6 Nm. Kemudian untuk bagian suspensi tampaknya masih menggunakan teleskopik, bukan upside down.

Bukan hal aneh jika Yamaha juga tertarik untuk memproduksi motor klasik bergaya modern. Pasalnya pasar motor neo-retro kini disebut-sebut sedang naik daun. XSR series sendiri adalah motor Yamaha yang memiliki desain neo klasik. Hingga kini sudah ada 2 model XSR series yang telah dihadirkan oleh Yamaha, yaitu Yamaha XSR900 dan Yamaha XSR700.

Tak hanya model naked bike, Yamaha pun diisukan bakal mengubah sosok Yamaha MT-25 menjadi motor dengan gaya cafe racer, lengkap dengan fairing khas motor balap jalanan Inggris di era 1960-an. Benarkah demikian? Kita tunggu saja kabar lebih lanjut dari Yamaha.

   
Penulis: