Tantang Suzuki Saluto, Yamaha Rilis Grand Filano Hybrid Edisi 2020

 196 views

Sepeda-.info – Sejak dirilis pada akhir 2019 kemarin, banyak yang menaruh hati pada Saluto 125 buatan . Pasalnya, ini punya tampilan retro yang kece khas Vespa, dikombinasikan desain ala-ala Eropa. Ternyata, Saluto 125 kini tidak tampil sendirian dalam memikat konsumen. Pasalnya, baru saja meluncurkan generasi teranyar Grand Filano Hybrid.

Yamaha Grand Filano Hybrid – youtube.com

Perusahaan asal Negeri Sakura tersebut menampilkan Grand Filano Hybrid bertepatan dengan gelaran Bangkok International Motor Show (BIMS) 2020. Yang menarik dari motor otomatis ini tentunya hybrid berkapasitas 125cc, menggunakan Smart Motor Generator (SMG) sebagai power-assist untuk mengeluarkan tenaga ketika melakukan akselerasi.

Baca juga:   GIIAS 2017, Honda Boyong Jajaran Motor Premium dan Big Bike

Mesin konvensional dan listrik Yamaha Grand Filano Hybrid akan menyala secara bersamaan ketika akseleratornya aktif pada putaran mesin di atas 4.000 rpm. Dengan demikian, torsi skuter tersebut akan bertambah dan juga membuatnya menjadi lebih irit bahan bakar. Menurut klaim Yamaha, motor satu ini dapat mencapai jarak 60 km dengan konsumsi bensin cuma 1 liter.

Baca juga:   Harley-Davidson LiveWire Dirilis, Harga Dibanderol Rp 420 Jutaan

Menariknya lagi, Yamaha Grand Filano Hybrid telah memiliki sistem pengereman ABS (anti-lock brake system). Biasanya, teknologi tersebut hanya disematkan pada motor premium ataupun sport. menarik lainnya ialah power-socket charger, keyless, dan lubang pengisian bahan bakar di dek depan.

Menurut situs resmi Yamaha Thailand, di Negeri Gajah Putih, Yamaha Grand Filano Hybrid standard (non-ABS) sekarang dilepas dengan 58.200 baht atau sekitar Rp27 jutaan. Sementara itu, versi tertingginya, yakni Yamaha Grand Filano Hybrid ABS, dijual seharga 62.700 baht atau setara Rp29 jutaan (kurs 1 baht = Rp462).

Baca juga:   Tantang Vario 125, Yamaha Pamerkan Lexi 125 VVA Bluecore

Sayangnya, untuk sementara ini, sepeda motor tersebut masih sebatas diedarkan untuk pasaran Thailand. Sementara, untuk pasaran dalam negeri, agaknya PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) belum tertarik mendatangkan kuda besi hybrid ini. “Kita harus wait and see, tinggal tunggu kapan kira-kira rakyat Indonesia membutuhkan (benar-benar membutuhkan motor hybrid-red). Karena hybrid juga masih baru diperkenalkan, kita belum tahu responsnya seperti apa,” tutur Assistant GM Marketing PT YIMM, Yordan Satriadi, beberapa waktu lalu.

   
Penulis: