Bagaimana Cara Modifikasi Vespa Trikel?

 21117 views

Dunia memang tidak ada habisnya. Tak cuma jenis moped atau , varian skuter pun tak luput dari “tangan-tangan jahil” pada . Dan, salah satu varian skuter yang kerap menjadi lahan adalah .

vespa trikel – mochammadfaizun.blogspot.com

 

Skuter asal ini memang menjadi lahan yang empuk bagi para modifikator untuk menyalurkan hobinya. Dalam perkembangannya, ada beberapa macam jenis atau gaya modifikasi yang bisa diterapkan pada skuter bikinan Enrico Piaggio itu. Mulai Vespa Chooper mirip moge Harley Davidson, Vespa Lowrider atau biasa dikenal dengan Vespa ceper, Vespa yang ditujukan untuk balapan, hingga Rat Bike Vespa yang dikenal juga sebagai Vespa gembel.

Namun tak cuma itu, modifikasi Vespa juga telah merambah hingga taraf yang sangat ekstrem, yang kemudian melahirkan modifikasi Vespa extreme. Sesuai namanya, atau aliran modifikasi Vespa extreme menonjolkan unsur asah ide dan kreativitas. Dengan mengalami modifikasi secara ekstrem, tampang asli Vespa sudah tidak terlihat lagi. Bentuk bulat khas Vespa tak jarang berganti dengan bentuk mobil, ATV, bahkan hingga gokart.

Modifikasi Vespa extreme sendiri memiliki banyak corak. Dan, salah satu model modifikasi Vespa extreme yang banyak digemari pencinta Vespa adalah Vespa trikel. Vespa model trikel memiliki roda tiga, dengan dua roda di sisi belakang dan sisanya di bagian depan. Sementara, setang kemudi berada di tengah-tengah.

Dari banyak aliran Vespa extreme, Vespa trikel disebut sebagai model paling unik sekaligus paling susah dalam proses pembuatan atau pembentukannya. Namun sebenarnya, teori membuat Vespa trikel tak sesulit yang dibayangkan.

Teori ringkasnya sama seperti memasang suspensi lengan ayun pada motor, tetapi dengan baut roda yang lebih panjang. Di sisi kanan dan kiri roda sudah terpasang rem jenis tromol dengan gear beserta rantai yang sudah tersambung dengan rem tromol tersebut. Sementara untuk pemasangan gear kecil, bisa ditempatkan sesuka hati, tergantung bagaimana Anda mau memosisikan , apakah ada tepat di tengah-tengah atau bergeser sedikit ke kanan atau ke kiri.

Posisi mesin terbaik untuk modifikasi Vespa trikel memang lebih baik berada di tengah. Ini agar pembagian distribusi berat setara antara sisi kanan dan kiri. Selain itu, pemasangan mesin di posisi tengah juga mampu memberikan laju pengereman yang lebih stabil, dibandingkan jika mesin diletakkan di sisi kanan atau kiri.

   
Penulis: