Bangkit Kembali, Motor Terbaru Jawa Roadster 300 Mengaspal Bulan Depan!

New Delhi – Usai mengambil alih brand sepeda Jawa, otomotif asal India, Mahindra memastikan untuk meluncurkan lagi klasik tersebut. Kabarnya Jawa akan dirilis di India pada tanggal 15 November 2018 mendatang.

Motor Jawa Roadster – www.credr.com

Motor teranyar itu nantinya kemungkinan akan mengusung nama Jawa Roadster 300. “Mengambil inspirasi dari Jawa 350 OHC yang telah dijual di pasar Eropa, Jawa 300 Roadster akan mengambil gabungan dari modern dan klasik,” demikian seperti dilansir Indianautosblog.

Modelnya pun tak akan terlalu jauh berbeda. Jawa Roadster 300 masih memakai tangki bahan bakar yang sesuai dengan ciri khas motor Jawa selama ini, yaitu lampu depan berbentuk bulat, jok untuk satu penumpang (single seater), dan setang yang dirancang lebar. Kemudian Jawa Roadster 300 juga tetap menggunakan suspensi depan teleskopik dan shock breaker biasa pada bagian belakang.

Di bagian kaki-kakinya, Jawa Roadster 300 mengusung roda 18 inci. Kemudian untuk sektor pengereman menjadi salah satu poin yang di-upgrade oleh Mahindra. Jawa Roadster 300 digadang-gadang bakal menggunakan pengereman ABS (Anti-lock Braking System) pada bagian depan dan belakang untuk seluruh variannya, termasuk varian yang paling murah sekalipun.

Sepeda motor klasik Jawa Roadster 300 mengusung satu silinder dengan 293 cc yang diklaim dapat menyemburkan tenaga 27 daya kuda dan torsi puncak 28 Nm. Tenaga yang dihasilkan tersebut disalurkan ke roda belakang lewat transmisi manual 6 percepatan.

Pihak Mahindra melalui anak perusahaannya, Classic Legends pun dikabarkan bakal mendatangkan langsung sound engineer dari Italia agar dapat membuat mesin terbaru motor Jawa yang aslinya 4-tak dapat bersuara layaknya lawasnya yang masih menggunakan mesin 2-tak. Wah, sangat menarik bukan? Mahindra akan membanderol motor Jawa Roadster 300 dengan yang terbilang bersaing, yaitu 150 ribu rupee atau sekitar Rp 30,9 jutaan jika dikonversikan dalam rupiah.

   
Penulis: