Bareng Kawasaki Z H2, Ducati Streetfighter V4 Resmi Mengaspal

Sepeda-.info – Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, asal Italia, Ducati, akhirnya resmi meluncurkan Streetfighter V4 pada tanggal 23 Oktober 2019 kemarin. Mengusung tagline ‘The Fight Formula’, telanjang dari Ducati Panigale V4 ini membawa empat buah winglet alias sayap yang disebut sebagai Biplane Wings.

Ducati Streetfighter V4 – pressfrom.info

Dirilis dalam dua model, yakni Streetfighter V4 dan Streetfighter V4S, dapur pacu kuda besi ini juga memakai yang digunakan Panigale V4. Pabrikan menanamkan Desmosedici Stradale 90 derajat V4 dengan kapasitas 1.103 cc. Dengan modal tersebut, sepeda motor ini dikatakan mampu meraih tenaga maksimal 208 HP pada putaran 12.750 rpm dan menyentuh puncak di angka 123 Nm pada putaran 11.500 rpm, yang disalurkan via transmisi manual 6-speed dengan Ducati Quick Shift (DQS) up/down EVO 2.

Seperti disinggung di atas, di bagian bodi, Ducati juga membekali motor ini dengan sayap aerodinamis atau yang biasa disebut dengan winglet. Di setiap motor, terdapat dua pasang winglet yang dikatakan bisa membantu menghasilkan 28 kilogram downforce pada kecepatan 268 km per jam. Selain itu, sayap ini juga berfungsi sebagai pendingin mesin.

Beralih ke sektor kaki-kaki, motor asal Negeri Pizza ini memakai suspensi depan berukuran 43 mm buatan Showa BPF (Big Piston Fork) dan suspensi belakang Sachs untuk varian Streetfighter V4. Sementara itu, varian Streetfighter V4S menggunakan suspensi depan berukuran 43 mm buatan Ohlins tipe NIX-30 dengan paling tinggi dan suspensi belakang Ohlins TTX36 event-based shock. 

Motor ini sendiri sudah ditunggu-tunggu penggemar Ducati dan motor naked dunia. Pasalnya, Ducati Streetfighter akhirnya hadir kembali, setelah sempat berakhir di 848. Apalagi kuda besi ini juga meluncur berbarengan dengan Z H2 di gelaran Tokyo Motor Show 2019, yang juga sempat membuat geger pasar motor naked.

   
Penulis: