Kemenhub Membuka Pendaftaran Mudik Gratis Sepeda Motor Secara Online

 891 views

Untuk mengurangi kecelakaan pemudik yang mengendarai , Kementrian Perhubungan membuka pendaftaran gratis secara online.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan J.A Barata pada hari Selasa (2/6)  menyampaikan bahwa pelayanan pendaftaran baru dibuka pada hari Senin (15/6) hingga Rabu (8/7) di Kantor Balitbang , Jalan Merdeka Timur.

Pendaftaran mudik gratis mengendarai sepeda   via online bisa diakses di situs www.mudikgratis.dephub.go.id.  Kapasitas mudik gratis dengan sepeda  tahun ini cukup banyak. Untuk arus mudik kereta api sebanyak 4.200 unit, dan arus balik kereta api 4.200 unit. Lalu, untuk angkutan jalan, arus mudik mencapai 2.800 unit, serta arus baliknya sebanyak 400 unit. Dan untuk jalur laut, arus mudik sebanyak 5.000 unit, dan arus balik sebanyak 5.000 unit.

Pemerintah akan menambah jumlah angkutan mudik kapal laut, sampai 100 persen. Bobby R Mamahit  Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mengungkapkan, minat pemudik dengan kapal laut memang  lebih kecil dari jumlah penumpang pesawat udara.Hal itu terjadi karena jalur laut memakan waktu yang lebih lama sekitar sepekan. “Tapi dari jalur tertentu kapal laut tetaplah menjadi pilihan favorit seperti dari Kalimantan ke Jawa,” ungkapnya.

Tahun ini jumlah pemudik gratis sepeda motor dan juga kapal laut ditingkatkan sampai 100 persen. Tahun yang lalu dari target awal 5.000 unit, kenyataannya mencapai hingga 5.100 unit. Tahun ini, kami persiapkan kuota mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut sampai dengan 10.000 unit,” lanjut Bobby.

Selain Kota Semarang, tujuan kapal pengangkut sepeda motor akan ditambah jumlahnya ke Surabaya, Jawa Timur. “Semarang kuotanya  tetap besar. Karena orang yang pulang kePulau  Jawa kebanyakan menuju ke Jawa Tengah. Tapi hanya satu kapal saja yang ke Surabaya, dari empat buah kapal,” kata Bobby dikutip dari SinarHarapan.co.

Total dari jumlah pemudik tahun ini ditargetkan mencapai 20 juta orang, jumlah pemudik angkutan laut diperkirakan hingga 1,67 juta orang atau jumlahnya naik 3 persen dari  realisasi tahun yang lalu sejumlah 1,62 juta orang.

Tren para pemudik Lebaran di  tahun ini beralih mengendarai pribadi untuk jalur darat yang disebabkan keinginan masyarakat untuk memiliki   bermotor pribadi, terutama mobil dan sepeda motor.

Diprediksi pertumbuhan jumlah mobil pribadi di Lebaran tahun 2015 sekitar 5,8% atau jumlahnya mencapai  1,7 juta unit dibandingkan tahu lalu  2014 sejumlah 1,6 juta unit. Jumlah sepeda motor juga diperkirakan meningkat sebanyak 7,7% menjadi 2,02 unit kendaraan. Adapun total jumlah lalu lintas kendaraan milik pribadi selama Lebaran tahun 2015 naik sebanyak 7,45% menjadi 4,2 juta unit kendaraan.

Kondisi ini mempengaruhi jumlah penumpang angkutan di jalan sebanyak 5,87% yang menjadi 4,9 juta orang dari tahun lalu 5,2 juta orang .

   
Penulis: