Kurang Laris di India, Royal Enfield Himalayan Batal Masuk Indonesia?

 136 views

Jakarta – Meski mengusung dan tampilan yang sangar, tampaknya klasik Himalayan terancam ‘disuntik mati’ di negara asalnya, . Salah satu faktor utamanya tentu saja karena penjualannya yang kurang memenuhi harapan.

Royal Enfield Himalayan – royalenfield.com

Berdasarkan data bulan Mei 2017 lalu, Royal Enfield Himalayan bahkan tidak terjual satu unit pun di India. Padahal pada bulan Mei tahun 2016 lalu motor Royal Enfield Himalayan mampu terjual hingga 1.030 unit. Bahkan pada September 2017 penjualannya di India menyentuh angka 1.263 unit.

Sayangnya popularitas motor Royal Enfield Himalayan tahun ini tidak begitu cerah dan terus menunjukkan penurunan. Pada Januari 2017 Royal Enfield Himalayan hanya laku terjual sebanyak 638 unit, bulan Februari 2017 terjual 491 unit, Maret anjlok ke angka 53 unit, dan puncaknya adalah Mei lalu yang tidak mencatatkan penjualan sama sekali.

Padahal awal tahun 2017 lalu PT Distributor Motor (DMI) selaku dealer Royal Enfield di berencana untuk motor touring jagoannya ini bersama Classic 350 Redditch ke Tanah Air. “Kedua tipe tersebut nantinya akan hadir di karena memang sangat sesuai dengan permintaan pasar di sini,” ucap Arun Gopal, Head of International Business Royal Enfield, seperti dilansir Tribunnews.

Royal Enfield Himalayan juga sebelumnya sempat disebut-sebut sebagai spesial dari Royal Enfield. “Ide untuk membuat Himalayan muncul 15 tahun yang lalu, dengan konsep dasar untuk membuat yang nyaman di berbagai medan, bahkan di pegunungan Himalaya sekalipun. Untuk medan yang berat seperti pegunungan Bromo atau Himalaya misalnya, sangat penting bagi pengendara untuk memiliki motor yang tidak agresif, dan nyaman dikendarai, seperti Himalayan,” papar Arun beberapa waktu lalu.

Namun dengan adanya kemerosotan penjualan di negara asalnya, Royal Enfield Himalayan bisa saja akan dihentikan produksinya dan batal dihadirkan di Indonesia. Sampai saat ini pihak Royal Enfield India masih belum memberikan pernyataan resmi terkait hal ini. Kita tunggu saja kabar selanjutnya!

   
Penulis: