Moge Honda Gold Wing Siap Dirilis dengan Tampilan & Spesifikasi Baru

Pabrikan asal Jepang, juga memiliki produk gede () yang dinamakan Gold Wing. touring ini kabarnya akan memperoleh pembaruan dalam waktu dekat. Tak tanggung-tanggung, motor berkapasitas 1.800 cc ini akan memperoleh ubahan dari segi bentuk tampilan, suspensi depan, hingga bagian buritan. dikabarkan ingin membuat moge andalannya ini lebih ringan secara bobot karena mempertimbangkan selera dari konsumen yang berusia lebih muda.

Honda Gold Wing – .wikipedia.org

Sejak dirilis 17 tahun lalu, tepatnya tahun 2001, motor pesaing Harley-Davidson ini memang belum mengalami banyak perubahan yang signifikan. Honda Gold Wing disebut-sebut akan mengusung sejumlah modern layaknya mobil mewah, seperti sistem transmisi versi dual clutch atau kopling ganda untuk membuat perpindahan gigi lebih halus tanpa hentakan.

Kemudian suspensi depan akan diganti dengan sistem link arm yang diklaim lebih stabil ketika dikemudikan dan mampu meredam getaran pada bagian stang kemudi. Tahun 2007 lalu Honda sebenarnya telah melakukan upgrade pada motor ini, namun hanya sebatas menambah fitur airbag di bagian setang untuk meredam efek ketika kecelakaan. Sedangkan bagian lainnya masih sama seperti sebelumnya.

Menurut Yutaka Nakanishi dari Honda R&D, pembaruan ini merespons banyaknya permintaan yang berharap Gold Wing di ulang tanpa harus melupakan cikal bakal motor ber-cc besar. “Pemikiran di balik perancangan ulang adalah membuat moge yang kompak, memaksimalkan kegembiraan dalam mengendalikannya. Lagipula, dibandingkan dengan pembeli mobil, pengendara sepeda motor cenderung memprioritaskan feeling berkendara daripada kepraktisan,” ujar Yutaka, seperti dilansir Nikkei.

Honda Motor Co juga memastikan jika Honda Gold Wing versi terbaru akan dirilis pada musim semi mendatang, yakni sekitar bulan April. Walaupun belum ada detail informasi seputar bentuk motor Gold Wing yang baru, namun di internet sudah banyak beredar tampilan dan spesifikasinya.

Honda Gold Wing 2018 kabarnya akan mengusung mesin baru 1.800 cc yang lebih ringan 5 kg dari sebelumnya karena lebih banyak memakai material aluminium. Mesin berkonfigurasi 6 silinder SOHC tersebut diklaim dapat menghasilkan torsi puncak 169,5 Nm 4500 rpm dengan tenaga maksimal 125 PS pada 5.500 rpm. Motor ini disebut-sebut akan dijual dengan 3,31 juta yen di Jepang, atau sekitar Rp 397 juta dan rencananya hadir dalam 2 varian, GL1800 (touring) dan F6B (standar).

   
Penulis: