Motor Adventure Ganas dan Populer di Indonesia

 3707 views

adventure sebenarnya merupakan salah satu dari dual . Namun, karena para pengendara menginginkan sebuah motor yang nyaman digunakan untuk perjalanan jarak jauh, namun tetap memiliki kemampuan off-road yang baik, maka hadirlah motor jenis ini.

Untuk mengakomodasi kebutuhan ini, pada tahun 1981 silam, diluncurkan sebuah motor bongsor R80GS. Motor ini selain cukup lincah di jalan raya, juga mampu melibas jalur off-road. Sejak saat itu, motor adventure menjadi cukup populer.

Seperti dijelaskan sebelumnya, motor adventure modern umumnya menawarkan kemampuan baik untuk melewati jalur off-road, tapi juga nyaman untuk perjalanan jarak jauh. Selain itu, ada beberapa karakteristik umum yang biasa tersemat di motor ini, salah satunya mencapai 650cc ke atas. Di samping itu, motor ini juga dilengkapi dengan jok yang nyaman untuk perjalanan jarak jauh.

Motor adventure juga memiliki rak bagasi, pannier, atau boks. Sementara dari sisi bodinya, motor adventure biasanya memiliki ground clearance yang cukup baik, spakbor rendah hingga mepet dengan , serta kapasitas tangki bahan bakar yang besar. Di samping itu, motor jenis ini juga memiliki windscreen untuk melindungi tubuh pengendara dari angin kencang, sistem pengereman yang canggih, serta velg jari-jari untuk ketahanan yang lebih baik di jalur off-road.

Nah, apa saja motor adventure yang sangat populer di kalangan pencinta adventure di ? Berikut beberapa di antaranya.

BMW R1200GS Adventure

Motor ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2013 silam. Mengusung mesin berkapasitas 1.170cc, motor ini merupakan versi lebih garang dari BMW R1200GS, yang dirilis sekitar tahun 2005.

BMW R1200GS Adventure memiliki pelindung angin tambahan, suspensi lebih panjang, dan perangkat elektronik yang lengkap. Selain itu, motor dengan tangki bahan bakar berkapasitas 30 liter tersebut juga sudah dilengkapi ABS, kendali stabilitas, dan dua mode berkendara (standar dan hujan).

BMW juga merevisi sasis geometri untuk meningkatkan handling pada motor ini. Di samping itu, ground clearance dibuat 10 cm lebih tinggi, dengan tambahan pelindung tangki dan mesin, serta tempat duduk yang makin nyaman berkat fitur tilt-adjustable.

Untuk sektor dapur pacunya, BMW R1200GS Adventure masih mengusung mesin 1.170cc, dua silinder, 4 katup. Dengan bekal tersebut, BMW R1200GS Adventure mampu menyemburkan tenaga hingga 105 hp pada putaran mesin 7.500 rpm, serta torsi maksimal mencapai 85 lb/ft pada putaran mesin 5.500 rpm.

KTM 1190 Adventure

KTM, pabrikan asal Austria, memang terkenal dengan motor off-roadnya. Salah satu motor adventure KTM yang didatangkan langsung ke Indonesia pada tahun 2013 lalu adalah KTM 1190 Adventure.

Motor ini hadir dalam dua , KTM 1190 Adventure dan KTM 1190 Adventure R. KTM 1190 Adventure memiliki perangkat suspensi travel berukuran 210 mm, sedangkan milik KTM 1190 Adventure R berukuran 265 mm. Selain itu, pengaturan suspensi KTM 1190 Adventure dilakukan secara elektronik, sementara pada KTM 1190 Adventure R pengaturan suspensinya dilakukan secara manual.

Untuk sektor dapur pacu, kedua varian ini sama-sama mengusung mesin V 75 derajat, dua silinder, liquid-cooled, bersistem injeksi, dengan pengapian busi ganda. Jantung mekanis berkubikasi 1.190cc tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 150 hp, serta torsi maksimal menyentuh 125 Nm.

Triumph Explorer 1200

Selain KTM 1190 Adventure, Triumph Tiger 1200 Explorer merupakan pesaing serius bagi BMW R1200GS di pasar motor adventure. Motor yang diproduksi di Leicestershire, Inggris, ini mendapatkan beberapa penyegaran, salah satunya desain tangki yang lebih agresif serta pengurangan kapasitas bahan bakar menjadi 20 liter.

Triumph Tiger 1200 Explorer juga dibekali sasis baja ringan yang telah disesuaikan dengan shock depan 44 mm sehingga cukup kokoh untuk mengatasi medan yang sulit sekalipun. Selain itu, untuk mendukung kapasitasnya sebagai motor penjelajah, Triumph membekali motor ini dengan ban jenis run flat yang tetap bisa bergulir meski terhantam benda yang keras atau tajam.

Untuk sektor dapur pacu, Triumph Tiger 1200 Explorer menggendong mesin berkapasitas 1.215cc, tiga silinder, DOHC, liquid-cooled, yang mampu memuntahkan tenaga hingga 137 hp, serta torsi maksimal menyentuh 121 Nm. Fitur lain yang tersemat di motor ini adalah sistem kontrol elektronik, kontrol traksi dan rem ABS switchable.

   
Penulis: