Motor Ducati Panigale V4 2018 Kena Recall, Apa Masalahnya?

 540 views

Bologna – Pabrikan ternama seperti rupanya juga bisa menghasilkan yang mengalami cacat produksi. Belum lama ini brand asal tersebut melakukan 2 recall terpisah pada seluruh Panigale V4 2018, termasuk S dan Speciale di seluruh dunia. Tak tanggung-tanggung, ada 2 permasalahan yang dialami Panigale V4 2018 di sistem saluran bahan bakarnya.

Ducati Panigale V4 2018 – www.cycleworld.com

Permasalahan pertama terletak di katup pernapasan (breathing valve) yang berada di bagian belakang tangki yang biasanya dicover oleh kursi jok, hal ini berpotensi menimbulkan kebocoran bahan bakar pada karet seal O-ring yang disebut rusak ketika proses produksi. “O-ring valve mungkin saja mengalami kerusakan ketika instalasi valve plug,” demikian bunyi dokumentasi recall yang dirilis National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), seperti dilansir Tempo.

Menurut pihak Ducati, adanya pelumas di sekitar O-ring membuatnya kesulitan mendeteksi kebocoran ketika proses pengecekan terakhir. Kebocoran yang hanya sedikit memang sulit dilihat begitu saja ketika melalui proses produksi. Meski demikian, Ducati telah memulai proses recall di seluruh dunia pada 11 April 2018 lalu.

Dealer Ducati akan mengganti valve plug dan O-ring pada unit yang di-recall. Plug yang baru mempunyai sudut tepi miring untuk memudahkan pemasangan dan mengurangi risiko terjepitnya O-ring selama proses pemasangan. Ducati juga memakai pelumas yang berbeda demi meningkatkan plug fitting.

Kemudian recall kedua berkaitan dengan masalah tersemburnya bahan bakar saat tutup tangki dibuka. Berdasarkan dokumen NHTSA, tutup bahan bakar Panigale V4 kemungkinan tak mempunyai ventilasi yang cukup baik. Sehingga pada kondisi tertentu tekanan dapat menumpuk dalam tangki bahan bakar. Saat tutup tangki dibuka, tekanan dari dalam tangki menyebabkan bahan bakar tersembur keluar.

Atas permasalahan tersebut, dealer Ducati akan memodifikasi tutup tangki bahan bakar pada Panigale V4 yang mengalami recall demi meningkatkan kapasitas pernapasan. Perbaikan untuk 2 masalah recall ini sudah diterapkan pada model Panigale V4 baru yang diproduksi setelah tanggal 28 Maret 2018.

   
Penulis: