Motor KTM Terpopuler di Indonesia

 3780 views

Di pasar otomotif Tanah Air, nama mungkin belum terlalu familiar dibandingkan raksasa macam Honda, Yamaha, Ducati, maupun . Meski begitu, pabrikan otomotif asal Austria tersebut ternyata juga memiliki produk-produk yang secara kualitas tidak kalah dengan para pesaingnya tersebut.

ktm rc200

 

KTM tercatat sudah memproduksi beberapa enduro, freeride, supermoto, travel, naked bike, hingga superbike. Lalu, motor KTM apa saja yang pernah melenggang di Indonesia dan menjadi favorit pencinta otomotif Tanah Air? Berikut beberapa di antaranya.

KTM RC 200

KTM RC 200 sengaja dipasarkan di Indonesia sebagai pesaing Yamaha R25, Kawasaki Ninja 250, dan Honda CBR 250 di kelas 200cc – 250cc.  KTM RC 200 dibekali tangguh berkapasitas 199,5cc yang mampu menyemburkan tenaga hingga 25 ps serta torsi maksimal mencapai 19 Nm pada putaran 8.000 rpm.

Salah satu keunggulan KTM RC 200 adalah bobotnya yang tergolong enteng untuk motor 200cc (sekitar 137,5 kg), yang membuat pengendara merasakan sensasi luar biasa saat membetot gas motor ini. Selain itu, motor ini juga sudah didukung liquid cooled untuk menjaga suhu mesin tetap stabil.

Sementara dari sisi , KTM RC 200 tampil begitu berani dibanding kompetitornya dengan mengusung lampu depan yang berbentuk meruncing dipadukan . Selain itu, rangka tralis yang diterapkan untuk menghubungkan semua bagian membuat motor berkapasitas tangki bahan bakar 10 liter ini tampak superior dan beraura super sport.

KTM 50 SX

Motor ini adalah tunggangan utama para crosser muda yang baru menjajal kerasnya medan offroad. Berbekal mesin 2 tak dengan kapasitas 50cc, menjadikan KTM 50 SX menjadi favorit para pemula.

Desain motor ini memang sengaja diperuntukkan untuk anak-anak berusia 4 hingga 10 tahun dan dengan tinggi badan tak lebih dari 1,3 meter. Semua rancang bangun KTM 50 SX telah disesuaikan dengan ergonom anak kecil dan memenuhi standar keamanan.

Meski terkesan imut, namun KTM 50 SX  mengusung galak, seperti pengabutan yang menggunakan Dell’Orto PHBG 19 BS, serta mengusung mesin 2 langkah yang saat ini tergolong langka. Dengan tersebut, tak heran jika KTM 50 SX dibanderol di kisaran harga Rp55 jutaan hingga Rp57 jutaan. Harga yang cukup fantastis untuk motor 50cc.

KTM 250 SX-F

KTM 250 SX-F mungkin merupakan seri terbaik dan terpopuler dari pabrikan KTM. Buktinya, KTM 250 SX-F mampu meraih tiga kelar juara MX2 world championship secara beruntun, yang sulit disamai para pesaingnya.

Motor ini mengusung sasis berbahan material molybdenum steel yang ringan, kuat, dan memberikan geometri keseimbangan yang sangat baik dan presisi. Selain itu, KTM 250 SX-F juga telah menggunakan starter elektrik, serta sistem linkage pada suspensi belakang dengan bahan aluminium yang akan menambah traksi saat menghadapi kondisi lintasan yang ekstrem.

Motor ini mengusung mesin berkapasitas 249,9cc, satu silinder, 4-stroke, dan telah dilengkapi liquid cooled untuk menjaga kestabilan suhu mesin. Di Indonesia, KTM 250 SX-F dibanderol dengan harga Rp125 jutaan.

KTM 250 EXC-F

Motor yang menjadi juara dunia di kejuraan dunia E1 untuk kelas enduro ini juga merupakan salah satu produk paling populer di pasar motor nasional. KTM 250 EXC-F mengusung bodi yang dirancang dengan detail sehingga menyelaraskan pengendara dan motor.

Selain itu, semua 250 EXC-F dilengkapi dengan setang kemudi super kuat yang berbentuk meruncing dan terbuat dari bahan aluminium yang ringan. Sementara, hand guard pada setir memberikan perlindungan optimal pada pengendara.

KTM 250 EXC-F mengusung mesin berkapasitas 249,9cc, 1 silinder, 4-stroke, dan disokong sistem transimisi 6 percepatan. Di Indonesia, motor ini dibanderol di kisaran harga Rp137 jutaan.

KTM 350 EXC-F

Di kelas enduro, selain motor 250cc, KTM juga meluncurkan motor 350cc yang punya kinerja dan ergonomi mumpuni. KTM 350 EXC-F, demikian nama motor tersebut, adalah pilihan sempurna bagi pencinta motocross dan siapa pun yang ingin memiliki motor dengan mesin tangguh dan handal di segala medan.

KTM 350 EXC-F mengusung mesin berkapasitas 349,7cc, 4-stroke, dengan electronic fuel injection yang mampu menyemburkan daya lebih dari 45 ps. Selain itu, motor ini juga disokong sistem transmisi 6 percepatan dengan kopling DS serta liquid cooled untuk menjaga kestabilan suhu mesin.

Mesin tersebut dipasang pada bingkai tabung pusat yang terbuat dari pipa baja krom molybdenum. Pengendara juga akan mendapatkan aluminium swingarm cor handal yang menawarkan kompromi sempurna antara berat badan rendah dan kekakuan optimal. Di Indonesia, KTM 350 EXC-F dibanderol di kisaran harga Rp156 jutaan.

   
Penulis: