Motor Sport Terbaru Aprilia RS 150 Bakal Usung Basis Motor Asal China?

New Delhi – Produsen ternama asal Italia, resmi memperkenalkan sepeda kelas 150 cc, RS 150 dan Tuono 150 di ajang bergengsi Auto Expo 2018 lalu. Sejak penampilan perdananya tahun lalu, banyak penggemar yang memperbincangkan seputar dan kemungkinan peluncuran Aprilia RS 150 di India.

Aprilia RS 150 – warungasep.net

“Aprilia akan memproduksi motor di fasilitas Piaggio yang terletak di Ahmednagar, India,” demikian seperti dilansir Motorbeam, Jumat (17/1). Dalam pertemuan dealer yang diselenggarakan di Goa, India, foto penampakan atau spyshot motor Aprilia RS 150 telah ditampilkan untuk pertama kalinya.

Berdasarkan spyshot yang beredar, ternyata motor yang dipamerkan tampak sangat berbeda dari yang ada di Auto Expo. Tampilannya justru mirip dengan Zongshen GPR 150 yang dijual untuk pasar . Ternyata Aprilia memproduksi sepeda motor berkubikasi 150 cc yang dinamakan GPR 150 di dengan perusahaan bernama Zongshen. motor tersebut pun sangat mirip. Sayangnya launching Aprilia RS 150 untuk pasar India masih belum jelas, sehingga spyshot yang ada kemungkinan hanyalah pengenalan untuk para dealer.

Apabila dibandingkan dengan spesifikasi internasional, motor satu ini memperoleh grafis yang berbeda, konvensional, dan tambahan yang sedikit dirancang ulang seperti cermin, switchgear, tangki bahan bakar, dan bagian ekor. Lalu untuk bagian kursi pembonceng pun dirancang lebih lebar dan juga lebih panjang. Versi Aprilia RS 150 yang baru ini disebut-sebut tampak kurang modern dibanding yang sempat dipajang dalam Auto Expo 2018 lalu.

Aprilia sebelumnya telah mengungkapkan bahwa RS 150 akan hadir dengan mesin silinder tunggal 150 cc berpendingin cairan yang diklaim dapat menyemburkan tenaga 17 bhp dan torsi 14 Nm. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi 6 percepatan. Di bagian depan, motor Aprilia RS 150 hadir dengan suspensi upside down, rem ABS single channel, dan quick shifter opsional. Untuk velg-nya memakai ukuran 17 inci dengan tapak lebar dan berbalut ban Mitas. Jika hadir sebagai pesaing R15 V3, maka RS 150 kemungkinan bakal dijual dengan harga antara Rs. 1,5-1,6 lakh atau sekitar Rp 29,9 juta – Rp 31,9 jutaan.

   
Penulis: