Road Race, Ajang Balap Motor Jalanan kelas Dunia

 4435 views

Road Race merupakan suatu ajang kejuaraan balap yang dilakukan dengan kecepatan tinggi di lintasan jalan beraspal dengan mengelilingi sirkuit, dimana balapan ini dilakukan serentak bersama-sama. Pada dasarnya semua aksi balapan yang dilakukan di lintasan aspal layak disebut Road race, karena Road race sendiri memiliki makna ‘balap jalanan’.  Motor yang digunakan pada balap jalanan ini diharuskan menggunakan motor yang diproduksi secara massal di suatu negara, dan bukan merupakan motor ‘’ seperti yang digunakan pada ajang Motogp.

Di , road race sudah mulai banyak dikenal sejak tahun 1970-an. Acara balap jalanan ini kerap digelar di berbagai daerah hampir setiap minggu, yang utamanya memang diselenggarakan pada hari Sabtu dan Minggu. Motor yang digunakan tetaplah harus motor produksi massal dengan sesuai aturan. Selain road race, balap motor lainnya seperti motorcross, drag bike, grasstrack, dan supersport juga sering digelar di .

Seiring perkembangannya, balap road race kini tak hanya dilakukan di sembarang jalanan aspal. Ajang balapan ini ‘naik ’ seiring dengan dibangunnya sirkuit balap permanen khusus untuk road race. Peraturan untuk balap road race juga telah diatur oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) pusat, baik dalam segi regulasi tata perlombaan, regulasi peraturan pembalap, dan regulasi teknis seperti peraturan modifikasi yang diijinkan.

Beberapa jenis event yang melibatkan road race di Indonesia diantaranya adalah Kejurda Provinsi, Kejurnas Motoprix Region, dan Indoprix sebagai level tertinggi road race di tanah air. Beberapa pabrikan motor besar di Indonesia juga seakan tak ingin ketinggalan menggelar ajang balap jalanan ini, diantaranya seperti Cup Race (YCR) dan Racing Championship (HRC) yang telah sukses digelar.

Balap road race sebenarnya tak hanya berhenti di level Indonesia maupun Asia saja, acara balap jalanan ini juga sudah sampai ke tingkat internasional. Salah event balap motor road race kelas dunia yang paling sangar adalah World Super Bike (WSBK), dimana motor-motor yang digunakan adalah motor sport ber-cc besar seperti Honda CBR, Suzuki GSX-R, Yamaha R1, Ducati, Aprillia, dan .

Ajang balap World Super Bike (WSBK) ini bahkan bisa disejajarkan dengan Motogp, karena disiarkan di berbagai negara secara live. Tak jarang pembalap-pembalap yang bermain di WSBK merupakan pembalap langganan yang biasa tampil di Motogp, begitu juga sebaliknya.

   
Penulis: