Segway Xiaomi Ninebot, Skuter Listrik Mini yang Super Canggih dan Aman

 1609 views

Di bulan Oktober 2015 lalu, Xiaomi sebagai vendor gadget terkemuka asal Tiongkok meluncurkan mini yang diberi nama ‘Ninebot’. self balancing ini diluncurkan setelah Xiaomi mengakuisisi Segway, perusahaan produsen skuter asal Serikat, pada April 2015. Skuter mini Xiaomi Ninebot ini dibanderol dengan yang cukup , yakni sekitar USD 315 untuk pasar Amerika Serikat.

Xiaomi tampaknya juga mencium animo yang besar dari pasar Indonesia untuk Ninebot. Skuter hasil kemitraan Xiaomi dan Ninebot ini bahkan dikabarkan sudah diboyong masuk ke tanah air sejak awal Januari 2016. Untuk perkara harga, Xiaomi mematok harga Ninebot berwarna hitam sedikit lebih mahal dari Ninebot putih. Ninebot berwarna hitam dipasarkan dengan harga Rp 6,1 jutaan. Sedangkan untuk yang berwarna putih dibanderol Rp 5,9 jutaan. Harganya mungkin sepintas terlihat mahal, namun tunggu sampai Anda mengetahui apa saja yang dimilikinya.

Skuter berdimensi 54.8 x 26 x 59.5 cm ini mengadopsi kerangka Allumunium Magnesium Alloy Skeleton. Itu sebabnya, Anda tak perlu khawatir pada kekokohan dan ketahanan bodi Xiaomi Ninebot ini. Skuter Xiaomi berbobot 12,8 kg ini mampu berjalan dengan hingga 16 km/jam karena digerakkan dengan menggunakan dual .

Skuter yang mampu menjaga keseimbangan sendiri ini juga dikabarkan mampu mendaki jalan dengan kemiringan hingga 15 derajat. Dalam sekali pengisian baterai, Ninebot mampu menempuh jarak sejauh 22 km, serta muat masuk ke bagasi sehingga bisa dibawa kemana-mana. Dibutuhkan waktu 4 jam untuk pengisian daya baterai. Belajar dari pengalaman hoverboard, Xiaomi telah menambahkan overheat protection dan overvolatage untuk memastikan keamanan proses pengisian baterai.

Skuter Xiaomi Ninebot juga memiliki sensor lampu indikator yang otomatis mampu mendeteksi medan jalan. Lebih canggihnya lagi, Xiaomi membuat skuter ini dapat digunakan pada saat hujan yang dibuktikan dengan sertifikat anti air IP54. Dikarenakan bentuknya yang kecil, Xiaomi Ninebot hanya mampu berjalan jika berat penumpangnya tak lebih dari 85 kilogram. Kecanggihan Xiaomi Ninebot ternyata belum habis sampai di situ. Skuter mini ini memiliki aplikasi khusus yang akan mengunci scooter dengan smartphone pemiliknya, sehingga pemiliknya bisa mengendalikan Ninebot langsung dari smartphone mereka.

   
Penulis: