Kembaran Honda Astrea Versi Terbaru Mengaspal, Sudah Bermesin Injeksi!

Jakarta – Sebelum kehadiran motor matic, motor jenis bebek alias moped begitu laris manis di pasaran, tepatnya di era 90-an. Tampilannya yang sederhana serta mesinnya yang relatif irit bahan bakar membuat motor bebek difavoritkan oleh banyak kalangan masyarakat untuk digunakan berkendara sehari-hari.

EX5 2020 – www.viva.co.id

Di masanya, salah satu model motor bebek yang populer adalah Honda Astrea. Motor yang memiliki cenderung kotak dan dilengkapi 2 sayap yang warnanya kadang kontras dengan bodi ini memang terkesan sangat klasik. Astrea sendiri merupakan salah satu produk Honda yang memiliki masa hidup cukup lama di zamannya. Saat dirilis pertama kali tahun 1980-an, Honda Astrea telah mengalami sejumlah pembaruan, hingga akhirnya dihentikan sepenuhnya dan digantikan oleh Honda Supra yang juga tidak kalah populer.

Berbeda dengan Indonesia, di negara tetangga seperti Malaysia ternyata jenis ini masih tetap dipasarkan ke . Namun nama yang diusung memang agak berbeda dari yang dipasarkan di Indonesia, yakni Honda EX5. Pada Jumat (14/2) lalu, edisi terbaru dari Honda Dream, yakni EX5 baru saja diluncurkan oleh Boon Siew Honda.

“Wujudnya tidak berbeda jauh dari generasi sebelumnya. EX5 edisi 2020 mengusung klasik, namun praktis untuk digunakan dan yang terpenting andal,” seperti dilansir Viva. Tak hanya mempertahankan kesan retro, Honda EX5 generasi 2020 juga diberi sentuhan di sejumlah bagian.

Honda EX5 2020 kini berganti jubah dan dilengkapi dengan pelat logam berlogo Honda. Honda EX5 versi 2020 hadir dengan 2 varian, yakni versi velg jari-jari dan versi velg sporty. Sementara itu, untuk pengeremannya masih seperti generasi sebelumnya, mengandalkan drum di bagian roda depan dan belakang.

Bagian panel instrumen pun masih mempertahankan model analog klasik yang cukup ringkas dengan bagian sisi kiri menunjukkan speedometer dan kanan menunjukkan indikator bahan bakar. Lalu di bawah ada lampu indikator posisi persneling netral, lampu depan, dan indikator FI.

Honda EX5 mengusung mesin 110 cc berpendingin udara yang diklaim mampu memuntahkan 8,54 hp dan torsi 8,62 Nm. Di Malaysia, motor ini tersedia dalam 4 pilihan warna, yaitu pink, merah, biru, dan hitam. Harga banderol Honda EX5 2020 mulai RM4.785 atau sekitar Rp15,8 jutaan untuk versi velg jari dan RM5.009 atau Rp16,5 jutaan untuk versi velg sporty.

   
Penulis: