Serba-Serbi Vespa Sespan

 3256 views

Vespa bisa dibilang salah satu kendaraan unik dan ikonik di dunia. Karena itu, tak heran jika buatan Piaggio, tersebut sangat populer, tak terkecuali di Indonesia.

vespa sespan – rasavespa.blogspot.com

 

Kepopuleran Vespa di Indonesia bisa ditelusuri dari sejarah panjang skuter ini yang sudah masuk Indonesia pada tahun 1960-an. Salah satu hal yang membuat Vespa digemari pencinta otomotif Tanah Air adalah keterbukaan ruang skuter ini untuk dimodifikasi, baik hingga yang paling ekstrem.

Di jalanan Indonesia, jamak dijumpai modifikasi Vespa, mulai dari tampilan warna, , hingga bentuk bodi yang berubah drastis. Dan, salah satu modifikasi Vespa yang cukup unik adalah dengan penambahan sespan atau bak penumpang yang biasanya diletakkan di samping .

Sebagai salah satu modifikasi, tujuan penambahan sespan pada Vespa tentunya untuk menambah kesan manis pada tampilan skuter ini. Namun tak cuma dari sisi estetika, sespan juga memiliki sisi fungsional sebagai muatan penumpang.

Umumnya, sespan Vespa memiliki dua model, yaitu klasik dan modern. Sespan diproduksi dengan menggunakan bahan fiber dan rangka-rangka besi yang disambungkan ke bagian bawah (dek) Vespa. Pemasangan sespan disesuaikan dengan aturan transportasi di negara Vespa itu akan dijalankan. Misalnya di Indonesia, sespan di pasang di sisi sebelah kiri Vespa.

Selain itu, sespan biasanya juga dilengkapi dengan jok busa yang dilapis kulit dan terdapat bagasi di bawah jok. Untuk aksesorinya, sespan bisa dipasangi berbagai pernak-pernik seperti karpet, kaca pelindung, serep, hingga lampu penerangan.

Sementara untuk bentuknya, jamak ditemui sespan model ekstrem. Sespan ini biasanya ceper ke bawah dengan memiliki 4 roda, atau biasa disebut becaknya Vespa. Selain itu, ada juga sespan army yang memiliki lekukan bodi dan motif warna mirip kendaraan tempur.

Di Indonesia sendiri, sudah cukup marak bengkel yang memproduksi sespan untuk Vespa, salah satunya Scoter99 yang berada di Ulujami, Jakarta. Tak cuma menerima pesanan sespan dari Bali, Balikpapan, Manado, dan Papua, bengkel ini juga menerima order dari luar negeri seperti Italia, Jerman, Portugal, Swiss, dan Singapura.

Lalu, apakah pemasangan sespan pada Vespa melanggar peraturan lalu lintas? Menurut Undang-Undang No. 22 tahun 2009 Pasal 20, Vespa dikategorikan sebagai , dan sespan termasuk bagian dari . Karena itu, selama Vespa memenuhi ketentuan berkendara, maka pemasangan sespan pada Vespa diperbolehkan.

Baca juga:   Suspensi Teleskopik: Cara Kerja, Kelebihan, dan Kelemahannya
   
Penulis: 

Komentar ditutup.