Tantang Harley dan Honda Gold Wing, Yamaha Rilis Star Eluder

Sepeda-.info – Pilhan gede (moge) bagi penggemar touring kini semakin beragam. Pasalnya, pabrikan asal Jepang, Yamaha, meluncurkan moge terbaru mereka, Star Eluder, yang akan menjadi 2018. Kuda besi ini nantinya akan bersanding dengan sejumlah produk Harley Davidson dan juga Gold Wing.

Yamaha Star Eluder – www.cycleworld.com

Star Eluder merupakan model bagger kedua yang diluncurkan oleh pabrikan berlogo garputala setelah Star Venture. Secara keseluruhan, Star Eluder dikembangkan dengan basis yang sama dengan Star Venture. Hanya saja, sejumlah perubahan dilakukan agar biker bisa lebih nyaman duduk berlama-lama di atas sepeda motor tersebut.

Dibandingkan Star Venture, Star Eluder tampil lebih “bagger” karena Yamaha lebih mendekatkan layar monitor pada dashboard dengan . Sementara, boks di belakang atas dan sandaran pembonceng dihilangkan. Resep ini disebut sama persis dengan apa yang dilakukan Honda untuk Gold Wing yang meng-kloning-nya sebagai model bernama F6B atau apa yang dilakukan BMW pada K1600GT.

Karena membawa basis Star Venture, fitur yang ditawarkan Star Eluder tidak jauh berbeda dari pendahulunya tersebut. Motor ini masih dibekali dengan mode berkendara, kontrol traksi, entertainment, dan jok penghangat. Selain itu, Star Eluder juga sudah dilengkapi dengan koneksi Bluetooth yang siap tersambung dengan gawai pengemudi.

Meski bobotnya mencapai 396 kilogram, namun pabrikan menjanjikan motor ini mudah untuk dikendalikan. Salah satunya berkat penggunaan V-Twin, OHV, 8 katup, berkapasitas 1.854cc, pendingin udara. tersebut mampu meraih torsi puncak 170,8 Nm, yang dikombinasikan dengan gearbox 6 percepatan berteknologi multiple assist dan slipper wet clutch. Motor mampu mencapai kecepatan 120 km per jam dengan hanya putaran 2.750 rpm.

Di samping itu, motor ini juga memiliki sasis kokoh didukung dengan garpu depan 46 mm, serta suspensi monosok di belakang dengan pengaturan tekanan gas. Sayangnya, untuk saat ini, Star Eluder masih dijual di pasar Amerika Serikat dengan sekitar 22.499 dolar AS (Rp297 jutaan) dan 23.999 dolar AS (Rp317 jutaan) untuk versi GT.

   
Penulis: