Yamaha Bakal Produksi Lagi Motor Legendaris RX 100?

Jakarta – Belakangan ini popularitas dengan gaya alias retro memang sedang naik daun. Bahkan banyak produsen terkemuka yang justru berbondong-bondong meluncurkan produk terbaru yang konsepnya klasik.

RX 100 – www.tribunnews.com

Tren klasik rupanya bukan hanya mewabah di Indonesia, tetapi juga di India. Di Negeri Hindustan rupanya Yamaha RX 100 termasuk legendaris seperti posisi Yamaha RX King di Indonesia. Walaupun sudah tak lagi diproduksi oleh Yamaha, permintaan terhadap itu pun masih tinggi. Yang lebih menarik lagi, bekas RX Series cukup mahal, bahkan bisa melebihi harga skutik baru.

Sadar dengan adanya peluang ini, pabrikan asal Jepang, Yamaha pun kabarnya berencana untuk meluncurkan produk terbaru yang modelnya klasik. Menurut Motofumi Shitara Presiden Direktur Yamaha Motor India Group yang baru, perusahaan akan fokus di segmen motor (150 cc ke atas) bergerak maju. Ia pun menyadari jika Yamaha RX100 termasuk motor yang begitu populer dan digemari di India.

“Karakter RX100 akan diwujudkan dalam motor Yamaha masa depan. Ini akan menjadi penawaran premium, dan akan diluncurkan di India,” kata Shitara, Selasa (4/12), seperti dilansir Rushlane.

Yamaha dikabarkan bakal membangkitkan lagi sosok Yamaha RX 100 yang merupakan sepeda motor model yang bukan hanya dipasarkan di India, tetapi juga Indonesia. Selama ini masyarakat Indonesia mungkin lebih mengenal seri yang ada di atasnya, yakni RX King dengan kubikasi 135 cc.

Yamaha RX 100 masuk sejak tahun 1977. Nama motor ini pun melegenda di Indonesia karena memiliki sejarah yang begitu panjang dan hingga kini pun memiliki penggemar tersendiri. Sosok Yamaha RX Series bertahan sampai tahun 1981. Walaupun mesinnya kecil, tetapi Yamaha RX 100 diklaim dapat menghasilkan tenaga hingga 11,5 bhp pada putaran mesin 7.500 rpm, khas motor overstroke yang tidak dapat berteriak hingga rpm tinggi.

Yamaha India sendiri kabarnya akan memproduksi motor Yamaha RX 100 versi anyar namun dimasukkan dalam segmen motor premium, sesuai dengan baru yang diusung perusahaan. Namun sayang masih diungkapkan kapan motor itu bakal dirilis.

   
Penulis: