Bangkit dari Kubur, Levis Motorcycle Siapkan V6 Café Racer

 288 views

Sepeda-motor.info – Levis ternyata bukan cuma nama sebuah celana jeans. Di Inggris, ada pabrikan Levis Motorcycle yang sempat tenar sebelum era Perang Dunia II. Nah, setelah mati suri sekitar 70 tahun lamanya, perusahaan ini bangkit kembali dengan rencana meluncurkan motor bertajuk Levis V6 Café Racer, meski masih dalam bentuk purwarupa.

Levis Motorcycle V6 Café Racer – motorbikewriter.com

Dilansir dari Rideapart.com, pada sekitar tahun 1911 hingga 1941, nama Levis Motorcycles telah dikaitkan dengan motor bermesin dua langkah di Inggris. Sayangnya, seperti halnya banyak pabrikan lainnya, tahun-tahun Perang Dunia II memberikan pukulan telak untuk Levis, yang akhirnya harus menutup usaha pada tahun 1946.

Kemudian, pada tahun 2016 kemarin, pengusaha bernama Phil Bevan memberi kesempatan kedua pada merek itu dan pertama sudah keluar. Bevan ingin membangun yang didasarkan pada V10 berkapasitas 2 liter, yang awalnya dikembangkan untuk mobil Connaught Type D GT pada tahun 2004. Dia pun membeli nama Levis Motorcycles, menyewa desainer Steve Kirk, dan mulai mengerjakan motor yang terinspirasi oleh V10.

Hasil dari ide ini adalah prototipe V6 Café Racer. Meski demikian, secara tampilan, sepeda motor ini tidak hadir sesuai istilah café racer dalam pengertian klasik. Dengan bingkai setengah bulan, skema warna logam dan merah, dan bentuk tubuh yang dramatis, V6 Café Racer terlihat lebih futuristik.  Perusahaan menegaskan bahwa pembeli akan memiliki pilihan finishing dan warna untuk tampilan yang disesuaikan.

Meski pabrikan belum mengungkap detail , namun Levis V6 Café Racer diklaim akan mengusung mesin V6 dengan konfigurasi setara mesin mobil, berkapasitas 1.200cc. Mesin yang dirancang pertama kali oleh Tim Bishop pada 2004 itu diklaim mampu memuntahkan tenaga maksimal 120 HP dan menggapai torsi puncak 120 lb-ft.

Levis sendiri mengatakan pra- akan dipamerkan dalam gelaran Salon Prive di Blenheim Palace, Inggris pada akhir bulan Agustus mendatang. Sementara, versi diharapkan meluncur pada tahun 2019 dan dipasarkan setahun kemudian dengan harga yang ditaksir mencapai 102 ribu pound sterling atau sekira Rp1,9 miliar.

   
Penulis: