Harga Rp36 Jutaan, Edisi Terbaru Yamaha e-Vino Resmi Mengaspal

-.info – Seperti diberitakan sebelumnya, pada bulan November 2020 ini, Yamaha akhirnya resmi meluncurkan listrik mereka, e-Vino. Meskipun masih mengusung yang tidak jauh berbeda dari model sebelumnya, ini telah dibekali sejumlah pembaruan. Di pasaran Jepang, e-Vino dilepas dengan mulai 259.600 yen atau setara Rp36 jutaan.

Yamaha e-Vino – electrek.co

Dilansir dari berbagai sumber, terbaru Yamaha e-Vino ini memiliki bobot tubuh cuma 68 kg, sudah termasuk 6 kg lithium-ion 50 Volt. Itu berarti skuter listrik ini berbobot hanya 62 kg, tergolong ringan di kalangan skuter listrik. Dari segi dimensi pun, motor elektrik tersebut cukup mini, dengan ukuran 1.675 x 670 x 1.030 mm, sehingga lebih pas dipakai untuk melibas jalanan perkotaan.

Baca juga:   Gilera DNA 180, Sport Bike Batangan Transmisi Otomatis

Desain bodi yang dibawa masih sama dengan model lama. Motor ini mengadopsi aksen membulat dari depan hingga belakang. Beberapa komponen juga dibuat tanpa ada lekukan tajam, membuatnya terlihat semakin lucu dan unik. Paling jelas di bagian fascia, headlamp, dan sinyal belok dibuat bundar. Yamaha memprediksi kalau unit bakal mendapat perhatian lebih dari penggemar skuter listrik, karena para kompetitor dari pabrikan Jepang lain belum punya model serupa.

Baca juga:   Jenis-jenis Velg Sepeda Motor, Kelebihan dan Kekurangannya

Sayangnya, skuter ini tidak bisa buat berboncengan. Pasalnya, tempat duduknya terbilang sempit dan bagian belakang diisi handle, bisa dimanfaatkan sebagai rak untuk meletakkan barang bawaan pengemudi. Disediakan pula cantolan di depan dan rak kecil untuk menyimpan botol minum. Di bawah kursinya, tidak ada ruang penyimpanan, karena difungsikan sebagai penampung baterai.

Satu baterai yang ditawarkan dalam Yamaha e-Vino dikatakan mampu dipakai pengendara untuk  menjelajah sejauh 29 km jika dalam kondisi penuh. Memang jarak yang kecil, tetapi itu sudah cukup sebagai alternatif komuter dalam kota, dengan baterai cadangan sanggup menempuh jarak 58 km. Sementara itu, maksimalnya dibatasi hanya 44 km per jam.

Baca juga:   Moge Terbaru Honda, CMX500 Bakal Mengaspal di Indonesia?

Pengemudi bisa menggunakan Yamaha e-Vino dengan beberapa mode berkendara, seperti mode Standar dan Daya. Lalu, ada fungsi Boost yang meningkatkan daya selama 30 detik untuk membantu pengemudi mengatasi jalan di perbukitan. Skuter listrik ini pun dilengkapi juga dengan indikator Engine Warning Light, yang berfungsi sebagai tanda jika motor penggerak bermasalah.

   
Penulis: