Jenis Dan Biaya Modifikasi Sepeda Motor

 6274 views

Bagi seorang pecinta otomotif, melakukan kesayangan merupakan hal yang sangat disukai. Agar motor terlihat lebih keren dan beda dari yang lainnya, mereka tak segan menghabiskan uang hingga puluhan juta rupiah untuk motor kesayanganya.

Modifikasi Sepeda Motor memang mengasyikkan karena juga bisa menambah percaya diri si pengendara. Modifikasi sepeda motor dapat berupa modif bodi motor, modif motor yang tentunya perlu yang tidak murah.

Ada beberapa modifikasi yang bisa anda pilih, sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki antara lain:

1.       grasstrack atau motor cross

Modifikasi ini  dilakukan mulai dari pergantian kedua asli, kemudian sok depan dan belakang, hingga kerangka body luar dan dalam. Atau Anda juga bisa meminta agar motor ditambah, sehingga piston sepeda motor bersangkutan harus dikurangi atau diganti.

Modifikasi ini dapat memerlukan waktu hingga dua sampai tiga minggu tergantung berapa banyak order variasi yang akan dipasang di motor. Sedangkan biayanya juga tergantung pilihan, untuk modifikasi motor grasstrack full biaya bisa mencapai RP 30 juta, sedangkan untuk modifikasi biasa sekitar Rp 1 sampai Rp 4 Juta.

2.       Tipe Matic

Pengguna kelas motor matic juga dapat melakukan modifikasi pada kuda besinya tersebut dengan berbagai model. Untuk motor matic, modifikasi yang banyak dilakukan antara lain motor diceperkan, memakai veleg jari-jari, penambahan variasi lampu knalpot dan body. Biaya modifikasi motor matic relatif terjangkau yaitu berkisar antara Rp100 ribu hingga Rp1 juta.

3.       Kelas Motor semi besar

Modifikasi kelas motor semi besar yaitu seperti jenis Vixion, New Mega Pro dan Tiger. Gaya modifikasi di motor semi besar ini ada dua yaitu gaya touring dan sport.

Gaya touring yaitu melengkapi sepeda motor dengan briket dan box, kemudian ditambah sirine serta lampu dan pergantian ban. Sedangkan gaya sport yaitu seperti pemasangan fairing, mengganti ban depan belakang menjadi besar, menceperkan motornya, mengganti veleg, dan lain-lain.

Untuk dapat melakukan modifikasi pada motor semi besar Anda, biaya yang perlu Anda siapakan yaitu sekitar Rp1 juta sampai Rp10 juta tergantung berapa banyak order variasi Anda.

Selain tiga jenis modifikasi diatas, masih ada kelas motor bebek seperti Jupiter MX, Vega R yang modifikasinya biasanya tidak terlalu banyak seperti jenis lain. Selain itu, ada juga modifikasi motor sport besar, seperti Kawasaki Ninja 250 CC, CBR dan Ducati. Namun pada motor besar tersebut biasanya modifikasi yang dilakukan hanya memasang lampu variasi terang dan ban besar serta knalpot racing karena motor-motor tersebut sudah memiliki mesin dan penampilan yang keren.

   
Penulis: